Ikan Indodats

Ikan Indodats ini banyak disukai orang sebagai ikan hias di karenakan mempunyai corak tubuh yang bagus. Tubuhnya mempunyai warna kuning keemasan yang dipadukan dengan adanya garis-garis hitam yang tidak tipis. Coraknya yang seperti macan inilah yang membuat beberapa orang ingin memburunya. Di karenakan banyak yang menginginkan ikan ini tetapi tidak sepadan dengan jumlah populasinya di alam, menjadikan ikan ini terancam punah di saat yang akan datang. Ikan Indodats  ini mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi di pasar ikan hias. Harga ikan ini bisa mencapai lebih dari Rp. 100. 000, – untuk ukuran 10 cm keatas.

Akuarium yang dipakai untuk memelihara ikan ini sebaiknya yang memiliki ukuran cukup besar tak hanya di karenakan ikan ini bisa tumbuh cukup besar juga di karenakan ikan ini aktif bergerak. Sekurang-kurangnya akuarium memiliki ukuran 180 x 60 x 60 cm. Ada dua jenis setup yg dipakai untuk tangki ikan ini.

  1. Setup yang cocok dengan habitat ikan ini. Setup ini berbentuk akuarium yang dipadati dengan tanaman air dibarengi dengan hiasan kayu bogwood serta juga hiasan yang lain.
  2. Setup akarium tidak ada dekorasi apa pun. Pada setup yang ini tidak ada ada hiasan atau substrat pada akuarium maupun ada hiasan serta substrat tetapi minim. Keduanya pas untuk ikan ini, tergantung selera pribadi. Filtrasi biologis yang baik dan perubahan air yang teratur yaitu satu kewajiban di karenakan ikan ini peka pada keadaan air. Walau bisa hidup dalam keadaan payau, Indodats yaitu spesies tigerfish yg asli hidup di air tawar hingga tdk demikian memerlukan menambahkan garam kedalam air.

Tankmates yang pas untuk ikan ini diantaranya cichlid, arwana, pari air tawar, serta ikan type characin. Atau, apabila ingin memeliharanya dalam keadaan payau, ikan ini pas untuk dipelihara berbarengan ikan air payau yang lain seperti archerfish, mono, scat, serta buntal.

Pakan

Di alam aslinya indodats yaitu ikan predator hingga indodats membutuhkan pakan yg hidup seperti ikan kecil, udang, atau cacing.

Keadaan air

Ikan ini dapat hidup pada kondisi air dengan pH : 6,5 – 7,5, dengan suhu sekitar 22 – 280C.

(akuariumhias)