Ikan Kambing Cincin Biru

Kambing cincin biru (Pomacanthus annularis) umumnya merupakan ikan yang berwarna cerah dan hidupnyapun diterumbu koral. Bentuk badannya memipih tegak mirip ikan kepe-kepe tetapi lebih tebal dari ikan kepe-kepe. Perbedaannya dengan kepe-kepe terletak pada adanya tojolan duri kearah belakang dibagian bawah tutup insang. Kambing cincin biru muda tidak dapat dibedakan dengan pomacanthus poculosus, warna biru tua dengan sekat-sekat vertikal biru muda. Setelah dewasa warna ikan ini kuning-coklat pudar dan dari sirip punggung sampai sudut terdapat garis-garis biru tua lima atau enam buah membujur sampai sirip dada. Di depannya (diantara) sirip dada terdapat cincin-cincin biru.

Klasifikasi
Kelas : Pisces
Bangsa : Percomorphi
Suku : Pomacanthidae
Marga : Pomacanthus
Jenis : Pomacanthus Annularis
Nama Indonesia: Kambing Cincin Biru
Nama Inggris : Ringed emperor angelfish
 

Perilaku : Kecuali pada musim kawin, hidup soliter (menyendiri). Warna-warninya yang terang tidak digunakan untuk penyamaran tetapi untuk menyatakan teritoriumnya yang dijaga dengan gigih. Bila ada warga sejenisnya memasuki daerah itu, ikan ini akan bertingkah mengancam dengan mempertunjukan warnanya. Jikalau yang melanggar daerah itu tidak juga pergi, maka terjadilah pertarungan.

Reproduksi : Ikan ini di habitat aslinya dengan cara bertelur. Perbedaan kelamin antara yang jantan dan betina sulit diketahui. Barangkali ikan ini tidak mencapai kematangan seksualnya.

Pakan : Di habitat asli ikan kambing kambing cincin biru memakan tunas-tunas, rumput-rumput, binatang air yang berkulit keras seperti udang, kepiting dan lain-lain. Ikan dewasa terutama makan yang sedikit lemaknya. Sedangkan di aquarium Gembira Loka ikan ini diberikan pakan buatan.

Habitat: Ikan ini terdapat didaerah karang-karang pantai yang memanjang ke laut sampai 30 m. Ikan dewasa sering dijumpai berpasangan di gua-gua. (bebagai sumber)