Ikan Kapas-Kapas

Ikan Kapas-Kapas (Geres punctatus) Secara taksonomi ikan kapas-kapas merupakan kelompok ikan yang mempunyai ukuran tubuh relative kecil, bentuk badan pipih tegak dengan kepala melengkung, mulut terletak di ujung depan kepala, moncong dapat ditonjolkan ke depan, tubuh ditutupi oleh sisik berukuran besar, sirip dada panjang dan runcing, warna tubuh keperakan.

Klasifikasi ilmiah

Ordo : Percomorphi
Famili : Geridae
Genus : Geres
Spesies : Geres punctatus
Habitat : Air laut

Ikan kapas-kapas memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung (pinnae dorsalis), sirip dada (pinnae pectoralis), sirip perut (pinnae ventralis), sirip dubur (pinnae analis), dan sirip ekor (pinnae caudalis). Sirip punggung panjang hingga kepangkal ekor dan sirip dubur  panjang hingga kepangkal ekor. Sirip ekor bercagak dan berada di belakang. Linea lateralisnya lurus agak melengkung.

Ikan-kapas-kapas1

Ikan-kapas-kapas

Ikan kapas-kapas mempunyai bentuk tubuh pipih dengan mulut tegak runcing ke depan, sirip ekor bercagak, sirip dubur lebih pendek dari pada sirip punggung, Jari-jari kedua sirip punggung memanjang seperti rambut, Tubuh ditutupi oleh sisik yang berukuran besar, Sirip dada panjang dan runcing, Warna tubuh keperakan, Warna tubuh keperakan.

Ikan kapas adalah salah satu jenis ikan asin yang tipis dan sangat renyah setelah digoreng. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menggoreng jenis ikan asin yang satu ini. Cukup panaskan minyak goreng yang agak banyak masukkan ikan asin setelah mekar balik lalu angkat dan langsung tiriskan.