Ikan Keting

Ikan keting adalah sejenis ikan catfish yang biasanya hidup di sungai, muara dan pinggiran laut. Ikan ini memiliki ciri-ciri berupa 3 buah patil (sengat), memiliki kumis, berkulit halus tanpa sisik dan licin. Ikan ini mirip seperti ikan sembilang tapi biasanya ikan keting ukurannya lebih kecil dibanding ikan sembilang. Ikan keting juga mempunyai ekor yang bercabang dua.

Famili : Bagridae
Marga : Mystus
Nama Indonesia : Keting, ndaringan, kebogerang, kelibere, sengiringan, berengit
Deskripsi : sirip di bagian depan sirip ekor terlihat lebih panjang
Daerah penyebaran : perairan sungai, waduk dan danau
Tersebar: Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian.
Biologi : Hidup di dasar air, omnivora, melimpah musim hujan, siang dan malam sama dominannya. Melimpah di sungai yang banjir dan muara saat penghujan.
Umpan : Cacing, katak, ikan kecil dan udang

Kelompok ikan dalam marga Mystus sangat beragam, terdiri dari jenis-jenis ikan yang berukuran kecil sampai sedang. Sistematika kelompok ini masih belum mantap dan memerlukan kajian lebih lanjut. Kekerabatan filogenik di dalam marga ini belum diketahui dengan jelas, meski diduga ada dua garis kekerabatan utama. Akan tetapi diyakini sejak tahun 2005 bahwa marga ini bersifat parafiletik.

Marga Mystus diyakini memiliki asal-usul dari wilayah Asia Selatan dan Tenggara. Sebelumnya, marga ini juga dikenal dengan nama lain Macrones, nama yang kini tidak dipakai lagi karena telah digunakan lebih dulu sebagai nama marga sejenis kumbang (Coleoptera).

Banyak pemancing yang membenci ikan ini terutama ketika sedang berburu ikan kakap putih/ barramundi. Ikan keting selalu memakan umpan yang sebenarnya dikhususkan untuk berburu kakap putih. Namun ada juga para pemancing yang sengaja berburu ikan keting karena ikan ini memiliki sensasi strike yang cukup lumayan walaupun sangat jauh dibanding dengan sensasi strike ikan yang lain. Rata-rata pemancing yang berburu ikan keting hanya mengejar omset saja daripada tidak dapat ikan sama sekali.

Memancing ikan keting terbilang sangat mudah karena ikan ini termasuk golongan ikan yang sangat rakus, bahkan ikan keting dinobatkan sebagai ikan yang paling gampang dipancing sedunia. Tidak ada umpan khusus untuk mancing ikan keting. Hampir semua umpan asalkan berbau amis pasti dimakan sama ikan keting. Teknik mancingnya hampir sama dengan teknik mancing ikan sembilang.

Ada juga yang berpendapat bahwa ikan keting termasuk ikan yang sangat jorok sekali karena dia juga suka makan (maaf) kotoran manusia dan kotoran hewan. Tapi hal itu terjadi biasanya di sekitar muara sungai atau pinggir pantai yang para penduduknya memiliki kebiasaan yang kurang baik membuang kotoran sembarangan. Apabila para pemancing memang ingin memancing ikan keting diharapkan memilih spot mancing yang lingkungan sekitarnya bersih agar ikan keting hasil tangkapan juga bersih.