Ikan Lempuk (Callichrous bimaculatus)

Ikan lempuk memiliki ciri ciri, Lebar Badan kira-kira 6 kali lebih pendek dari Panjang Badan Standar, badan dan kepala pipih datar, pipi dan pinggiran operkulum umumnya mempunyati sebuah tanda hitam, bagian tengah sirip punggung pertama di bagian depan umumnya memiliki pigmen hitam, celah mulut pada jantan hampir tegak, jarak antara dua mata hampir satu atau setengah kali diameter mata.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, dapat disimpulkan bahwa ikan lempuk memiliki ciri-ciri yang sama dengan ikan Gobiopterus brachypterus (Bleeker, 1855). Ikan ini terdistribusi secara geografis di pulau Jawa, Sumatra, Filipina dan Australia. Ikan ini merupakan famili Gobiidae dari kelas Actinopterygii (Kottelat et al. 1993).

Jenis Air:  Air tawar
Panjang : 20 cm
Jenis makanan : omnivora
Suhu air : 22 ° C – 28 ° C
pH keasaman:  6-7 ~ 7-7,5

Ikan lempuk, bentuknya pipih menyerupai ikan arwana dan tidak bersisik, warnanya putih tidak mengkilap panjangnya bisa mencapai 30 cm, jenis ikan yang diperkirakan sudah hampir punah. Analisis menunjukkan bahwa populasi ikan ini terancam punah akibat penangkapan berlebih dan merusak di samping karena reproduksinya rendah karena fekunditas yang rendah dan berpasangan serta mengerami anaknya.

Makanan Ikan lempuk pada dasarnya pakan hidup, serta pelet udang. Ikan lempuk merupakan spesies yang relatif damai yang kompatibel dengan ikan dengan ukuran yang sama atau lebih besar. Jangan menyimpan dengan ikan kecil! Isolat lemah sering menggigit sirip dan kumis dan menggigit melalui tubuh. Perbedaan jenis kelamin rata-rata Laki-laki ini sedikit lebih kecil. (berbagai sumber)

3 Responses

  1. Laisa says:

    Maaf, selain keterangan di atas apakah tidak ada informasi gizinya. saya mahasiswa akhir yang hendak melakukan penelitian dengan ikan tersebut. karena saya masih kurang banyak referensi, padahal saya hampir setiap hari mengkonsumsinya. terimakasih banyak.

  2. Raden Suluh says:

    Sekarang ini musim ikan lempuk lampung timur. Kemaren aku dapet 4 kg.umpan orong2 sma jangkrik.jangkrik beli 5 ribu udh dpet bnyak

  3. budi says:

    Ditempat kami, di lampung ,jumlahnya masih lumayan banyak. Di sini disebut ikan badul. Kami memancing menggunakan umpan orong-orong.