• -6.153636, 106.792756

Ikan Oscar

Ikan Oscar

Ikan Oscar

Ikan Oscar atau nama latin Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan dikenal dengan nama ikan Oscar. A. crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias.

Oscar (Astronotus ocellatus) merupakan salah satu jenis cichlid yang telah relatif lama akrab dengan manusia. Ikan ini sudah kurang lebih 50 tahun akrab dengan manusia. Oscar adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan, S. Amazon, Parana, Rio Paraguay, dan Rio Negro.  Hampir semua Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, jarang yang merupakan tangkapan asli dari habitatnya. Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Warna badannya kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan. Tidak seperti ikan hias lain, ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus pada cara perkembangbiakannya, sehingga ikan Oscar ini termasuk ikan yang mahal.

Ada juga jenis albino yang warna dasar tubuhnya putih. jantannya dicirikan dari warna merah pada tutup insang dekat perut dan mempunyai tiga buah lingkaran hitam pada sirip punggung. Sementara pada betina, warna tersebut kabur dan tidak ada tanda lain. Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian. Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar dapat menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya. Mereka dapat melompat hingga ketinggian 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik.

Oskar (Astronotus ocellatus) berasal dari Venezuela Timur, Guyana, dan Paraguay (Sungai Amazon). Sifatnya karnivora dan merupakan ikan yang cukup besar untuk ukuran akuarium karena panjangnya dapat mencapai 25 cm. Oscar berasal dari sungai dengan kesadahan rendah dan bersifat masam. Meskipun demikian, ikan ini diketahui toleran pada hampir segala kondisi air. Meskipun toleran pada berbagai kondis air, Oscar perlu dipelihara pada kondisi suhu 26°-30° C. Setting akuarium yang dikehendaki adalah dengan dasar pasir yang dalam dan beberapa butir batu besar.

Banyak varian Oscar yang telah dikembangkan selama ini, diantaranya adalah :

  • Tiger Oscar
  • Red Tiger Oscar
  • Albino Tiger Oscar
  • Albino Red Oscar
  • Gold Oscar
  • Half Back Oscar
  • Long Fin Oscar

Oscar merupakan ikan predator. Mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kecil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar dapat menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain. Pakan yang disukai oskar berupa pakan hidup karena sifatnya sangat karnivorus. Anak ikan dan udang disenangi oskar dewasa, sedangkan benih dan remajanya dapat diberi cacing sutera atau kutu air.

Perbedaan jantan pada Oscar relatif sulit dilakukan, meskipun demikian terdapat tanda umum yaitu jantan memiliki tubuh lebih panjang, sedangkan betina lebih membulat. Pada masa kawin betina akan menunjukan perut yang gendut. Cara lain adalah dengan memberi pakan pada ikan yang bersangkutan dengan jumlah banyak. Pada kondisi demikian makanan yang terdapat dalam perut ikan akan menekan organ kelamin ikan sehingga mudah diamati. Apabila tabung kelamin sempit dan mengarah kebelakang maka ikan tersebut adalah jantan, sedangkan bila lebar dan mengarah kedepan betina.

(berbagai sumber)

12 thoughts on “Ikan Oscar

  1. roxx

    waduh jadi inget jaman SD dulu punya ikan oscar buanyak banget nah pas sodara pada kerumah pada minta dah tuh 1….1….1…..ya mo gimana lagi namanya juga sama sodara akhirnya abis deh tapi asli miara ikan ni mang perlu sedikit ekstra jaga PH airnya, maklum biasa di habitatnya kan agak dikit adem (tadinya di akuarium mao gw pasangin AC kalo bisa haaaaa….)tapi secara keseluruhan miara ikan ini asik lah mantaaabbbb…

  2. hokagge

    saya mempunyai ikian oscar jnis tiger oscar,,,,,,,mau nanya cra memelihara yang baik dan pembrian pakanya seperti apa??????dan agar ikan oscar g stres gmn caranya???????mohon bantuanya………………

  3. herman

    ada yg mau gak ikan oscar albino sy?
    ukuran 25cm (dr sirip belakang ampe mulut)…….1 pasang
    kalo bisa barter aja ama Arwana banjar red
    ada yg minat nanti sy reply dr alamat email di atas
    thx

  4. saba

    saya termasuk pengemar baru ikan oscar. kasih solusi dong gimana baikna memelihara supaya perubahan warna cepet terlihat…. matursuwun

  5. Fadli

    jadi pengen punya ikan oscar lagi dulu saya punya ikan oscar saya campur sama lohan,red devil,goldschaum,buttikoferi,bravejewel,jaguar,severum,blood parrot, jack disempey,wolf chicild, dan cichlid lainnya trs ikan oscar nya yg paling galak jadi kangen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>