Ikan Severum

ikan-severum1Ikan Severum (Cichlasoma Severum) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Serikat bagian Utara (S. Arhazone). Tubuhnya pendek, gemuk dan gepeng dengan warna dasar tubuh bervariasi yaitu coklat kekuningan, atau hitam kecoklatan. Jenis ikan ini juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Ikan Severum dapat dipelihara didalam aquarium atau bak semen kwalitas air yang diperlukan untuk pemeliharaan ikan severum yaitu PH : 5,5 – 7, temperatur air 21 – 25°C. Ikan Severum sudah dapat dipijahkan setelah berukuran 12 – 15 cm. Induk jantan dari betina dapat dibedakan dari warna dan ukuran induk jantan berwarna lebih cerah dengan induk yang lebih besar dari betina. Makanan yang dapat diberikan jenis ikan ini antara lain: kutu air, cuk, cacing sutera, dll.

Cara pemijahannya hampir sama dengan Oskar. Hanya saja ikan ini membutuhkan pakan hidup bila kurang pakan maka induk akan mudah sakit dan kualitas telurnya akan jelek (tidak menetas). Sarang telurnya terbuat dari batu datar, potongan keramik, atau potongan paralon besar. Induk jantan maupun betina akan membersihkan sarang sebelum memijah.

Setelah berpijah, telur bersama sarangnya diambil untuk ditetaskan dalam akuarium atau kolam kecil. Penetasan akan berlangsung selama 2-3 hari dan larvanya akan berenang empat hari kemudian. Ukuran larva cukup besar sehingga dapat langsung diberi kutu air atau cacing sutera.

Pakan untuk pembesaran berupa cacing sutera dan anak ikan. Pakan berupa udang kecil umum diberikan bila ukuran ikan sudah mencapai 3-4 cm. Pemberian udang agar warna merahnya cepat muncul. Ukuran mulai dijual sekitar 4 cm dengan lama pemeliharaan 3 bulan. (berbagai sumber)