Ikan Spotted Scat

Ikan Spotted Scat, Ikan ini bentuknya nyaris bulat dengan sirip punggung serta perut agak simetris, serta sisi kepala agak menonjol ke depan. Sirip ekor lebar serta rata, tak bercagak. Sesaat sekujur tubuhnya yang berwarna dasar sawo masak sampai agak kekuningan dihiasi dengan bintik-bintik berwarna hitam.

Ikan ini cukup banyak yang meminati walau tak seluruhnya mereka dapat merawatnya, lantaran memanglah membutuhkan perlakuan spesial serta tak gampang. Untuk beberapa hobyis yang telah kawakan silakan mengoleksi ikan ini. Ikan Spotted Scat, berasal dari daerah Indo-Pasifik, ikan ini dapat hidup berdampingan dengan ikan lain tidak sama-sama mengganggu lantaran memanglah sifatnya yang pendamai.

Tetapi dianjurkan untuk meletakkan ikan-ikan yang memiliki ukuran sama dalam akuarium serta bukan hanya type yang suka memangsa ikan lain. Di alam aslinya dapat mencapai panjang sampai 33 cm, tetapi di akuarium serta tempat pemeliharaan hanya dapat mencapai setengahnya. Hal semacam ini pasti benar-benar beralasan mengingat tempat pemeliharaan yang terbatas, makanan serta gerakan mereka yang tidak leluasa seperti di alam aslinya.

Untuk merawat ikan ini hingga berumur pajangan, cukup menarik. Cuma butuh di perhatikan banyak hal supaya dapat bertahan hidup lama.
  • Pertama yaitu, akuarium mesti cukup luas minimum memiliki ukuran 90 X 45 X 45 cm atau 100 X 50 X 45 cm.
  • Kedua, mutu air. Air yang digunakan baiknya agak keras, basa, serta alangkah sebaiknya bila ditambahkan 1 (satu) sendok teh garam dapur tiap-tiap 4 liter air. Suhu mesti diusahakan berkisar pada 23 – 26 derajat Celcius.
  • Ketiga yaitu asesories atau hiasan yang bakal dipajang di akuarium. Lantaran ikan ini sukai membongkar tanaman sampai ke akar – akarnya, maka sebaiknya disiapkan tanaman yang agak keras, yang dijepit kuat – kuat di antara batu – batuan, lalu dihias juga dengan batu – batu yang cukup artistik dan janganlah lupa melengkapinya dengan bonggol kayu yang telah dibikin bersih.

Pasti dari seluruhnya itu tak bisa dilupakan perlengkapan akuarium yang standard seperti : aerator, filter, heater (bila ruangan ber- AC), dan lampu ultra violet. Seluruhnya itu ditujukan untuk melindungi keberlangsungan hidup ikan ini.

Makanan Untuk menjaga hidupnya ikan ini butuh diberikan makanan yang cukup, maupun makanan kalengan. Tergolong ikan yg tidak memiliki tingkah laku berenang yang spesial jadikan ikan ini merambah ke seluruhnya sisi akuarium.

Akuarium baiknya diletakkan pada ruangan yang cukup jelas dengan cahaya cukup, tetapi janganlah terkena cahaya matahari segera. Dengan mencermati hal-hal tertulis diatas, maka kemungkinan besar ikan yang kita pelihara akan sehat serta hidup lebih lama.

(Akuarium Hias)