Ikan Terapon

Ikan yang menjadi penghuni muara dan lautan memang banyak yang memiliki bentuk yang unik salah satunya adalah ikan dari family Terapontidae yang di kenal dengan nama Terapon atau orang Indonesia menyebutnya Ikan Kerong-kerong, ikan yang memiliki duri-duri tajam di siripnya ini memiliki bentuk dengan warna yang unik yakni belang bergaris hitam sepanjang tubuhnya.

Ikan yang bernama ilmiah Terapon Jarbua ini adalah salah satu ikan punya penyebaran luas. Berhabitat di Air Payau dan Sanggup juga hidup di air asin yang memiliki suhu antara 26-29′C ikan yang dapat tumbuh hingga 37cm ini sangat mudah di jumpai dan menyebar luas di perairan Indo-Fasific. Tubuh bulat memanjang dengan garis horizontal berwarna coklat kehitaman pada tubuh dan ekor serta bintik hitam pada sirip punggung.

Di Indonesia ikan ini sering di temukan di area Pertambakan, Rawa Bakau, Dermaga dan juga Muara, ikan ini juga termasuk ikan yang mudah di Pancing. Memancing Ikan Terapon sama dengan memancing Ikan tambak pada umumnya, hanya bermodalkan alat pancing yang sederhana pemancing bisa sangat mudah mendapatkan Ikan kerong-kerong.

Siapkan Joran/Stick pancing tanpa atau dengan Rill, mengingat Ikan Jarbua memiliki bentuk yang kecil maka gunakan Kenur yang berkapasitas 10lbs dengan Kail Carbon No.6+.

Untuk Umpan pada umumnya sering menggunakan Udang dan Cacing namun Udang lebih di minati Ikan ini, ada pula yang menggunakan daging Kepiting dan serangga seperti Undur-undur (Myrmeleontidae) yang masih menjadi Larva, ikan Jarbua termasuk ikan yang mempunyai gerakan cepat, ada baiknya jika memancing ikan ini di lengkapi dengan pelampung agar tahu jika umpan sedang di santap ikan ini.

Untuk lokasi memancing Ikan Jarbua biasanya paling mudah di pertambakan yang berdekatan dengan muara dan pantai. ikan ini lebih aktif di siang hari, ada baiknya memancing ikan Jarbua di lakukan di waktu pagi dan Sore hari.