Ikan Terompet

Famili aulostomidae merupakan family yang sangat khusus dan bertipe tunggal, Ikan ini mempunyai pipa-pipa yang memanjang dari ujung mulut ke bagian rahang dan menyerupai bentuk terompet. Ikan ini dikenal pula dengan nama ikan terompet. Aulostomids memiki kemiripan dengan kuda laut.

Spesies ikan terompet hanya terdiri dari 3 yaitu Chinese Trumpetfish, Aulostomus chinensis Linnaeus, 1766. Trumpetfish, Aulostomus maculatus Valenciennes, 1837 dan Atlantic Cornetfish, Aulostomus strigosus Wheeler, 1955.

Nama aulostomidae berasal dari bahasa yunani yaitu aulos yang berarti seruling/terompet dan stoma yang berarti mulut. Nama ini diberikan karena bentuk mulut berupa moncong yang panjang. Nama lainnya adalah flutemouth, namun nama ini kurang popler dan jarang digunakan. Ikan terompet tersebar di perairan tropis seluruh dunia, terdapat dua jenis spesies di atlantik dan satu di indo pasifik.

Ikan ini merupakan penghuni tetap terumbu karang dan menyenagi darah yang bersubstrat batu. Ukurannya lebih besar dari ikan karang pada umumnya dan mencapaipanjang hingga 1 meter. Bentuk tubuh yang memanjang dan bulat hingga ke pangkal ekor. Sirip punggung dan sirip anal berdekatan dengan ekor dan sirip punggung terleah dekat dengan bagian kepala. Hampir sama dengan tubuh kuda laut, yang bagian tubuhnya sangat tidak fleksibel karena struktur tulang yang kaku.

Ciri-ciri yang berbeda dengan family syngnathidae adalah panjang, pipa moncong berakhir di bagian rahang. Karena bentuk rahang yang unik ini memberi kemampuan untuk membuka rahang secara melingkar ketika makan. Ikan terompet adalah ikan karnivora. Bergerak mengintai mangsa dengan perlahan lahan lalu dengan sekali gerakan meyergap secepat kilat menerkam mangsanya.

Mulut yang berbentuk tabung berfungsi untuk menghisap makanan ke bagian rahan. Makan ikan teropet adalah larva ikan kan karang dan telur ikan.Ikan terompet tidak dikonsumsi manusia sehingga jarang ditangkap, namun ikan ini kadang diperdagangkan sebagai ikan hias.

Klasifikasi Species :

Genus: Aulostomus

Family: Aulostomidae

Order: Gasterosteiformes

Class: Actinopterygii

Subphylum: Vertebrata

Phylum: Chordata

Kingdom: Animalia

Sumber : akuakultur