Indian Glassy Fish

Berasal dari daerah air payau dari India hingga Malaysia. Tubuhnya berbentuk oval dengan dahi yang sedikit menonjol. Memiliki sirip yang transparan. Ikan ini memiliki tubuh yang transparan atau bening sehingga dijuluki Glassfish atau ikan kaca. Ikan ini adalah ikan yang menarik namun ikan ini adalah ikan berumur pendek yang biasanya hidup tak lebih dari 2-3 tahun. Hanya dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 6 cm.

Indian Glassy Fish

Untuk memeliharanya, ikan ini dapat diberi pakan yang hidup seperti cacing darah, tubifex atau cacing beku. Karena ikan ini hidup di daerah air payau maka tambahkanlah sedikit garam ke dalam air. Tangki (Akuarium) minimal berukuran 50 cm minimal berkapasitas 38 liter. Akuarium harus didekorasi dengan warna yang gelap serta perlu diberi tanaman air dan juga tempat persembunyian seperti gua kecil.

Kondisi air : pH 7-7,5 temperatur air 20-26° C. Tambahkan garam sekitar 1-1,5 % dari volume akuarium karena ikan ini adalah ikan air payau.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Ambassidae
Genus: Parambassis
Species: P. ranga
Binomial name
Parambassis ranga
(Hamilton, 1822)

Sebenarnya ikan ini dapat hidup di air tawar, namun ikan ini dapat menjadi rentan terhadap jamur. Ikan ini juga lebih baik jika dipelihara secara berkelompok. Di luar negeri, ikan ini terkadang disuntik pewarna yang menjadikan tubuhnya berwarna-warni namun itu menjadikannya lebih rentan terhadap serangan jamur. Glassfish adalah ikan yang penakut serta mudah gugup. Ikan jantan menjadi tertorial selama musim pemijahan.  Terhadap ikan lainnya ikan ini termasuk ikan yang pedamai. Glassfish dapat dipelihara bersama ikan air payau atau ikan yang toleran terhadap kondisi air payau. (zonaikan)