Jaguar Catfish

Jaguar Catfish (Liosomadoras oncinus) Ikan ini mendapatkan namanya karena pola tubuhnya mirip dengan jaguar, kucing besar yang hidup di Amerika Selatan. Meski namanya sangar, namun sebenarnya ikan ini adalah ikan yang cukup pendamai. Jaguar Catfish (Liosomadoras oncinus) merupakan Famili dari Auchenipteridae (Siluriformes). Ukuran tubuhnya sekitar 25cm. Sayangnya, lele cantik ini jarang tersedia di pasar ikan hias Indonesia. Harganya pun sangat mahal. Seekor ikan ini yang berukuran 12 cm harganya dipatok sekitar Rp 1.500.000,-

Distribusi & Habitat

Basin sungai Ucayali, Amazonas, Negro, Brazil. Biasanya mendiami sungai-sungai besar, danau, dan daerah banjir.

Set-up Akuarium 

Jaguar Catfish adalah ikan nokturnal, agar dapat hidup dengan nyaman ikan ini butuh pencahayaan redup. Penutup akuarium juga dibutuhkan, terutama bila anda memelihara ikan ini lebih dari satu. Batuan halus, potongan kayu, pipa PVC, dan tanaman yang tahan pencahayaan rendah seperti Anubias, java fern, dan Vallisneriadapat digunakan sebagai dekorasi akuarium.

Pakan

Tidak rewel soal pakan. Ikan ini dapat diberi pakan hidup atau beku seperti bloodworm dan Tubifex. Pelet yang dapat tenggelam juga dapat diberikan. Berikan makanan setelah anda mematikan lampu akuarium.

Kondisi air

pH:5-7,2 dan temperatur : 20-28 °C.  

Kompabilitas

Umumnya ikian ini pendamai dan pemalu, meskipun kadang-kadang bisa menjadi agak teritorial dengan ikan penghuni dasar akuarium lainnya. Saat lampu mati, ikan yang lebih kecil dapat dimangsa. Ikan ini cukup suka berteman dan tampaknya lebih bahagia bila dipelihara dalam kelompok kecil, sehingga bila masih tersedia cukup ruang belilah ikan ini lebih dari satu. (uniquefishprofiles)