Jagungan Asli

ikan-jagungan2Jagungan asli (Longnose hawkfish) merupakan kategori ikan jenis Filefish, bentuknya memanjang dan mempunyai mulut memanjang pula, coraknya unik berwarna merah, ikan ini gemar berada di dasar laut bersembunyi di balik karang-karang dan tumbuhan laut lainnya.

Famili Monachantidae, Genus Oxymonachantus. Hidup di perairan karang, biasanya berasosiasi dengan karang brancing atau plate. Jagungan asli memiliki tubuh putih dengan striping merah yang terbentuk secara horisontal dan vertikal. Ukuran Panjang tubuh dapat mencapai 9 cm.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Tetraodontiformes
Family: Monacanthidae
Genus: Oxymonacanthus
Species: O. longirostris
Binomial name
Oxymonacanthus longirostris
(Bloch & J. G. Schneider, 1801)

Mereka memiliki kepribadian yang besar dan sangat menarik untuk diperhatikan. Mereka juga satu-satunya Hawkfish yang dilaporkan telah melahirkan di penangkaran.

Jagungan asli sangat menyukai sebuah akuarium yang lebih besar, dan harus memiliki tutup ketat untuk mencegah melarikan diri. Jagungan asli adalah, ikan semi agresif. Jagungan asli memakan ikan kecil dan udang.

Jagungan adalah contoh ikan pemangsa terumbu karang, seperti halnya dengan beberapa jenis butterfly yang lain (Chaetodon sp.). Karena kecepatan tumbuh terumbu karang dalam akuarium yang relatif lamban, maka bisa dipastikan memelihara pemakan koral adalah hampir tidak mungkin dilakukan