Kerapu Emas

Kerapu Emas atau bumblebee grouper dengan nama ilmiah lanceolatus Epinephelus. adalah di antara ikan kerapu yg dapat bertumbuh besar. Bumblebee kerapu kerapu terbesar dan paling luas di dunia. Ia tinggal di Indo – Pasifik, dari Laut Merah ke Afrika Selatan dan ke arah timur ke Hawaii dan Mikronesia. Di habitatnya dapat meraih ukuran kian lebih 2 m dng berat kian lebih 500 kg.

Bumblebee kerapu hidup di sepanjang kedua pantai tropis dan subtropis, tetapi cenderung untuk menghindari perairan beriklim dingin. Spesies ini berasal dari negara Samoa Amerika, Australia, Pulau Natal, Cook Islands, Djibouti, Eritrea, Fiji, DLL. Spesies ini tampaknya sangat menyukai gua dan bangkai kapal.

Ikan ini biasa didapati pada perairan dangkal yang banyak karangnya. Bumblebee kerapu memiliki mulut besar dan ekor yang membulat. Ikan bumblebee grouper yang memiliki ukuran kecil hingga remaja, mempunyai warna yg indah, belang-belang tak teratur dengan gabungan warna kuning serta hitam yang memikat. Ikan ini akan mengubah pewarnaan sampai menjadi matang. Bila telah dewasa, ikan ini mempunyai warna gabungan coklat serta hitam.

Spesimen muda lebih mudah beradaptasi daripada yang dewasa dan bahkan dapat bertahan hidup di air tawar untuk sementara waktu. Bumblebee grouper memiliki ukuran kecil serta yang di tangkap dari lokasi air payau, dapat dipelihara dlm akuarium air tawar (pastinya memalui step penyesuaian). Ikan ini sudah cukup banyak di pelihara oleh para hobiis.

Bila dipelihara dalam akuarium air tawar, imbuhkan garam ikan sejumlah 5 sendok makan per 100 liter air tawar. Kerapu emas dapat di beri pakan ikan atau udang memiliki ukuran kecil. Agar ikan ini merasa nyaman, buatkan gua dari batu karang dalam akuarium Anda, tak hanya sebagai hiasan, gua ini juga berperan sebagai area sembunyi. Ikan kerapu emas tergolong ikan pemberani, namun tak terlampau agresif.

(akuariumhias)