Knight goby

Memiliki warna dasar abu-abu pucat. Terdapat di daerah dekat muara sungai dari India hingga Indonesia. Tubuh berbintik-bintik dengan serangkaian titik-titik hitam kecil yang menutupi sebagian besar tubuhnya. Sirip dada, dubur dan ekor dibatasi dengan garis putih. Sirip punggung memiliki titik hitam besar di belakang. Penyebaran ikan ini sudah cukup luas. Telah tercatat di Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Fiji.

Ikan ini hanya dapat mencapai ukuran maksimal 8 cm. Jantan cenderung memiliki sirip punggung yang lebih tinggi saat dewasa. Betina biasanya lebih kecil, bulat dalam tubuh, dan sering memiliki tubuh lebih kekuningan dibandingkan laki-laki.

Classification:

Order: Perciforms
Class: Actinopterygii (ray-finned fishes)
Family: Gobiidae
Sub-Family: Gobionellinae
Genera: Stigmatogobius
Species: sadanunidio

Pemeliharaan

Untuk memeliharanya sebuah media, berpasir yang lembut sangat ideal untuk spesies ini. dalam akuarium harus tersedia banyak tempat persembunyian seperti gua, kayu bogwood, atau tanaman air. Ikan ini adalah ikan yang sensitif terhadap kualitas air sehingga kualitas air dalam akuarium harus terjaga tetap bersih. Meskipun umumnya ditemukan dialam air tawar, goby ini tampaknya lebih baik dengan penambahan garam sekitar 1/4 (1.005sg) di akuarium. ikan ini akan lebih aktif dan terlihat selama siang hari jika Anda memberikan pencahayaan kurang.  Kondisi air yang sesuai dengan temperatur air 20-26 °C pH 7,5-8,5.

Makanan

Dalam hal pakan ikan ini dapat menerima makanan dalam bentuk apa saja. Ikan ini dapat menerima makanan dalam bentuk makanan yang kering, beku, makanan serpih, makanan hidup, atau pelet yang tenggelam. Jangan memelihara ikan ini dengan ikan yang lebih kecil karena ikan ini bersifat agresif dan akan memakan apapun yang bisa masuk dalam mulutnya. Selain itu ikan ini suka menggigit sirip ikan yang bergerak lambat atau ikan yang memiliki sirip yang panjang. Meskipun ikan ini dapat hidup dalam air tawar, tambahkan sedikit air laut ke dalam akuarium karena sejatinya di alam liar ikan ini hidup di daerah air payau.

Reproduksi

Betina biasanya menhasilkan telur  hingga 1000 telur yang disimpan digua-gua atau celah-celah yang dipilih. Seperti ikan gobi lain jantan yang kemudian mengerami telur tersebut  sampai telur menetas, setelah menetas maka tugas sang jantan telah selesai dan sang anak pun harus mulai bisa hidup mandiri.