Lance Blenny

Ikan Lance Blenny termasuk ke dalam ikan bertulang sejati, dan biasanya ditemukan pada kedalaman laut antara 1 – 20 meter dengan iklim tropical. Dalam bahasa latin ikan ini dikenal dengan nama Aspidontus dussumieri. Mempunyai ciri fisik berwarna putih dengan garis gelap dari mata ke sirip ekor. Ikan ini juga memiliki tubuh memanjang dengan sirip punggung berbasis panjang. Mulutnya berada di bagian perut bawah moncong bulat.

Deskripsi Pendek

Memiliki duri punggung (Keseluruhan (total)) : 9 – 11; duri punggung lunak (Keseluruhan (total)) : 28-34; Duri dubur 2; Sirip dubur lunak : 25 – 30. Lance Blenny terlihat mirip dengan Cleanerfish False tetapi dapat dibedakan dengan bentuk moncong dan warna garis di kepala di belakang mata. Lance Blenny juga memiliki moncong bulat dengan garis coklat polos di belakang mata. Sedangkan Cleanerfish memiliki moncong runcing dan garis kebiruan biasanya dengan margin gelap. Ikan ini dapat tumbuh maksimal sepanjang 12 centimeter.

Penyebaran

Indo-Pasifik: Selatan Laut Merah sampai Knysna, Afrika Selatan  dan Timur sampai Pulau Tuamoto, Jepang bagian utara sampai selatan, New South Wales bagian Selatan sampai ke utara ; Palau sampai ke timur pulau Caroline, pulau Marshall  di Micronesia.

Habitat

Makanan utama ikan lance blenny adalah algae. Blennie jenis ini sangat suka tinggal di lubang-lubang karang, atau rumah cacing pipa yang kosong dan pipa-pipa sisa kapal karam yang ada di dalam laut. Tinggal di laut yang tidak begitu dalam,ikan ini juga termasuk ke dalam kategori ikan yang bersifat teritorial terhadap sesamanya. Dia akan bersikap agresif dan menyerang ikan yang sama atau sejenis yang mendekati rumah tinggalnya.

Dia akan bersembunyi apabila bertemu dengan ikan lain. Sebagian besar waktunya, dihabiskan di dalam lubang tempat tinggalnya. Dan hanya akan meninggalkan sarang , apabila mencari makan. Belakangan, ikan jenis ini juga sudah diminati beberapa orang sebagai hewan peliharaan di akuarium. (mongabay)

.