Leaf Fish

Leaf Fish (Monocirrhus polycanthus) merupakan ikan air tawar yang berpenampilan tidak biasa dan berasal dari Amazon (Peru, Brazil, Bolivia, Columbia dan Venezuela), oleh karena itu dikenal juga dengan Amazon Leaf Fish atau South American Leaf Fish.

Leaf Fish merupakan ikan predator memburu ikan lain yang lebih kecil. Walaupun predator, ikan ini tidak agresif. Di aquarium,Leaf fish dapat diberi pangan hidup seperti Guppy atau Minnows, ikan muda dapat diberi pangan invertebrata hidup seperti cacing tubifex, cacing darah, brine shrimp dan ghost shrimp. Leaf fish dapat dipelihara dengan ikan lain yang tidak terlalu aktif dan mempunyai ukuran yang cukup untuk tidak dianggap sebagai makanan. Leaf fish hidup pada kondisi sedikit asam yakni temperatur pH 5 – 6 dan temperatur 23 – 270C.

TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Family
genus
Species

Selain cara berenangnya yang unik, Leaf fish adalah ikan yang sangat pandai. Ikan ini akan berusaha mengenali pemiliknya (jika dipelihara di aquarium) dan akan mendekat ke permukaan air jika sudah mengenalinya, yang lebih mengagumkan ikan ini akan menyentuh jari pemiliknya saat mengambil makanan. Ikan jantan dan betina kelihatan sama dan baru bisa dibedakan saat betina membawa telur (ovipositor).

Breeding berhasil dilakukan di aquarium, dengan setting pH di bawah 6 dan menempatkan tanaman berdaun lebar seperti Echinodorus (Leaf fish menggunakannya untuk bersembunyi dan ikan ini sangat pandai berkamuflase). Jika kondisi sesuai, ikan akan bertelur sampai 300 butir. Telur diletakkan di dedaunan oleh betina dan dijaga oleh jantan. Pada suhu 250C, telur akan menetas setelah 4 hari. Anakan ikan berukuran 5 mm dan mencapai 3 cm setelah 3 bulan. (zafact)