Lemon Alga Eater

Ikan CAE (chinese alga eater) atau kerap dimaksud juga (LAE) Lemon Alga Eater yaitu sejenis ikan herbivora, ikan ini spesial pemakan lumut. Ukuran di alam liar dapat mencapai panjang 28 cm, namun bila diakuarium sangat optimal 10-20cm. warna ikan ini kuning serta putih atau putih kekuning-kuningan. Ikan ini terhitung ikan pendamai namun jail dikarenakan sangat suka mengganggu/mencolek ikan yang lain, serta senang hinggap di ekor ikan-ikan seperti mas koki.

Ikan ini memiliki mulut penghisap yang digunakan untuk memakan makanannya berupa lumut yang tumbuh pada kaca aquarium, permukaan kayu, daun tanaman air, dan batu. Ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat, mudah dipelihara, dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Ikan bisa menjadi pembersih Aquascape, tentu indah dilihat bila situasi tanaman subur bebas alga serta lumut-lumut yang menutup daun. namun di mana ada tanaman serta cahaya lampu yang cukup terang pastilah tumbuh yang namanya alga serta lumut, dikarenakan memanglah ke-2 perihal tersebut pemicunya. serta kaca aquarium lantas kusam dengan lumut-lumut hijau yang lama kelamaan dapat mencukupi permukaan kaca hingga mengaburkan panorama aquascape.

Bila dulu kita mengetahui ikan sapu sapu yang rajin bersihkan kaca namun kurang efisien membasmi alga serta lumut, serta selain itu tampilannya juga kurang cocok dengan aquascape kita yang indah. Lemon Alga Eater memiliki gerakan yang sangat gesit dan agresif dalam mencari makanan.

Lemon Alga Eater menyukai lingkungan yang berkayu dan bertanaman air yang diselingi bebatuan. Ikan ini sangat menjaga wilayahnya dari sesama jenisnya (bersifat teritorial). Walaupun demikian tetap dapat dipelihara bersama ikan lain dalam sebuah akuarium komunitas.