Lepu

Ikan Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus  dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator. Ketika berburu, mereka akan menyudutkan buruannya dengan sirip besarnya dan dengan refleks cepatnya mereka menekan buruannya sekaligus. Lepu dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling. Kelompok ikan ini diklasifikasikan sebagai sebuah subfamili (Pteroinae) atau sebuah suku di bawah Scorpaeninae (Pteroini).

Spesies

  • Lepu Ayam (Pterois Volitans,¬†P. Russeli)
  • Lepu Angin (Scorpaena Guttata)
  • Lepu Tembaga (Synanceja Horrdia)

Habitat Lepu berada di bebatuan karang wilayah Indo-Pasifik. Beberapa spesies juga ditemukan di pantai timur Atlantik dari Long Island sampai Florida. Salah satu jenis ikan lepu yang yang paling menakutkan bagi manusia adalah ikan lepu batu. Hampir sebagian besar ikan lepu sangat pandai menyamarkan dirinya. Beberapa jenis ikan lepu termasuk lepu batu sangat umum diperairan yang dangkal atau rataan terumbu yang dangkal, dan mereka biasa menempatkan dirinya diantara batu batuan.

Ikan Lepu adalah hewan Nokturnal yang berarti mereka aktif dimalam hari. disiang hari mereka lebih banyak bersembunyi di tempat-tempat terlindung seperti dilubang karang. Saat mencari makanan di malam hari ikan lepu biasa nya berenang lambat menghampiri mangsanya, lalu secara mendadak merentangkan sirip dadanya untuk mencegah mangsanya melarikan diri sebelum kemudian melahapnya dengan cepat.

Ikan Lepu biasanya berenang dengan tenang diantara terumbu karang di laut dangkal dan makanan utamanya adalah ikan-ikan kecil dan plankton-plankton yang menempel pada terumbu karang, udang, kepiting. Jadi walaupun bentuknya indah dan corak warnanya unik, akan tetapi dibalik semuanya itu bahaya pun mengancam jika menganggunya. Ikan lepu bisa dikategorikan sebagai makhluk sosial. Di dalam menjalani hidupnya di dalam air, mereka banyak menggunakan insting dalam melakukan pergerakan. Semua itu dilakukan demi bertahan hidup di tengah ganasnya sistem mangsa memangsa di dalam ekosistem tersebut. Warna dari ikan lepu bisa juga sebagai tanda bahwa ikan tersebut berbahaya dan sangat beracun untuk dimakan.

racun dari ikan lepu sendiri terletak di sirip dada dan punggungnya yang berukuran besar. Hanya bagian sirip punggung yang bertulang yang berbahaya bagi manusia karena sirp tersebut bisa menembus tulang. Efek yang timbul pada manusia yang terkena racun ikan lepu adalah rasa sakit pada luka, sesak nafas, bahkan kematian.

(berbagai sumber)

.

3 Responses

  1. abbio desperado says:

    klu ikan scorpion?

  2. nafis says:

    Setahu saya ikan lepu itu adalah stone fish

    • reef says:

      lepu nama lokal u/ 3 jenis brbeda. yg di gambar itu lepu ayam. stone fish itu lepu batu & tembaga