Liver Catfish

Liver Catfish (Heteropneustes fossilis) Disebut juga airsac catfish. Ikan ini sekilas mirip dengan ikan lele, namun bedanya ikan ini memiliki sirip dorsal yang pendek dan kecil, sementara ikan lele memiliki sirip dorsal yang memanjang di sepanjang punggung. Terlebih, ikan ini hanya terdapat di sekitar anak benua India.  Liver Catfish merupakan Famili dari Heteropneustidae (Siluriformes). Ikan betina memiliki tubuh yang lebih membulat daripada ikan jantan. Pada sirip dadanya terdapat bisa yang disalurkan melalui duri sirip dadanya. Ukuran Liver Catfish sekitar 30 cm. Ikan ini sama sekali belum pernah dijual di pasar ikan hias Indonesia.

Distribusi & Habitat

Memiliki daerah persebaran yang luas, meliputi Iran, Pakistan, India, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar dan Kepulauan Andaman. Paling sering ditemukan di parit yang mengalir lamban, kolam, dan terkadang rawa yang kekurangan oksigen. Diketahui ikan ini juga memasuki sungai dan juga perairan payau.

Set-up Akuarium

Paling baik bila dipelihara dalam akuarium yang redup dengan banyak tempat persembunyian, serta beberapa area terbuka sebagai daerah renang. Akuarium juga dapat dilengkapi dengan batuan halus, driftwood, pipa plastik panjang, dan sebagainya sebagai tambahan dekorasi. Pastikan akuarium memiliki penutup yang erat karena di habitat aslinya ikan ini diketahui aktif melintasi daratan kering untuk menemukan sumber air baru. Oleh karena itu, ada kemungkinan ikan ini akan melarikan diri bila terdapat kesempatan.

Pakan

Memberi pakan untuk ikan ini bukanlah hal yang sulit. Ikan ini dapat diberi pelet khusus catfish, pakan hidup, ataupun pakan beku. Selain itu, cobalah untuk menyisipkan cacing tanah dan udang cincang dalam pakan kesehariannya. Biasanya ikan ini juga akan berenang ke permukaan untuk menghampiri makanan.

Kondisi air

pH:6-8 dan temperatur:21-25 °C.

Kompabilitas

Selain bersifat aktif, Ikan ini juga pendamai terhadap spesies lainnya yang berukuran sama atau lebih besar, namun ikan yang berukuran kecil pasti akan dimakan. Pilihan tankmates yang ideal adalah ikan yang menghuni daerah renang yang berbeda, seperti ikan jenis characin atau cyprinid. Lebih baik tidak memeliharanya bersama ikan yang menghuni daerah renang yang sama, karena mungkin akan diganggu oleh aktivitas nokturnal ikan ini. (uniquefishprofiles)