Marbled Hatchetfish

Marbled Hatchetfish (Carnegiella strigata) merupakan ikan berukuran kecil sekitar 35mm yang asli dari Amerika selatan. Marbled Hatchetfish berbentuk unik dengan tubuh yang ramping dan perut yang melebar ke bawah, selain itu mereka memiliki bentuk mulut khas ikan permukaan air. Marbled hatchetfish mempunyai garis keemasan yang membentang dari belakang mata sampai bawah ekor, dan dibawah garis tersebut terdapat pola seperti kelereng yang berwarna cream dan cokelat.

Di Amerikan selatan, Marbled hatchetfish ditemukan di aliran sungai Amazon mulai dari Columbia, Peru, Guyana, Suriname dan Brazil, umumnya mereka mendiami kawasan sungai dengan vegetasi permukaan air. Seperti ikan Amazon lainnya, Marbled hatchetfish menyukai lingkungan asam dari pH 5,8 – 7,5 dengan suhu 24 – 280C. Mereka bersifat karnivora dengan memakan daphnia, larva nyamuk, cacing darah dan juga menyukai makanan komersil lainnya. Marbled hatchetfish hidup berkelompok dengan anggota 6 ekor atau lebih.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Gasteropelecidae
Genus: Carnegiella
Species: Carnegiella Strigata
Binomial name
Carnegiella strigata
(Günther, 1864)

Breeding ikan ini mungkin dilakukan di aquarium dengan menyiapkan tangki breeding dengan setting banyak tanaman mengapung di permukaan air. Ikan betina akan terlihat lebih lebar dibanding jantan saat penuh dengan telur. Pemberian larva nyamuk yang fresh akan memicu proses bertelur. Ikan dibreeding dalam kelompok 6 ekor atau lebih, dan mereka akan bercumbu sebelum bertelur. Telur bersifat lengket dan tersebar secara acak yang umumnya telur banyak jatuh di dasar tangki. Dewasa akan memakan telur mereka, sehingga segera pisahkan saat proses bertelur selesai. Telur akan menetas dalam waktu 24 – 36 jam.

Spesies ini  menghabiskan hampir semua waktunya di permukaan air, meskipun kadang-kadang akan kepermukaan jika terancam atau akan mencari makan. Seperti air tawar lainnya Hatchetfish, itu terkenal karena kemampuannya untuk terbang untuk jarak beberapa meter. Perilaku ini digunakan baik untuk menangkap serangga terbang, dan untuk menghindari predator.