Mas Koki

Bentuk tubuh yang terkadang sering aneh, wajah lucu, sirip cantik, dan prilaku yang gemulai merupakan landasan cerminan untuk mendeskripsikan keindahan ikan yang satu ini. Ikan dengan julukan bahasa Latin Carrasius Auratus, dalam evolusinya tidak pernah lepas dari intervensi tangan manusia. Berdasarkan riwayatnya, ikan mas koki merupakan salah satu ikan hasil domestikasi tertua di dunia. Ikan bernama latin Catassius Auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di China pada sekitar 960 Masehi. Lalu, mulai dikomersialkan pada Dinasti Ming pada 1368-1644 Masehi.

Ikan mas koki kemudian merambah ke Jepang sekitar 1500 Masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. Di Negeri Matahari Terbit, perkembangan varietas mas koki semakin pesat dari hasil perkawinan silang. Dihasilkan varietas baru dengan bentuk yang variatif seperti yang ada saat ini. Ikan mas koki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang. Varietas ikan mas koki dari Jepang tersebut kemudian memiliki nama Latin catassius auratus var japonicus. Dari Jepang, ikan mas koki menyebar ke wilayah Eropa maupun Amerika. Kemudian, menjadi populer karena dapat dijumpai di toko-toko ikan hias di seluruh dunia.

Jenis-jenis ikan Mas Koki yang banyak digemari, antara lain :

  • Ras bulldog (mata terlihat melotot)
  • Spencer (adanya jambul di kepala dan sisik yang menarik)
  • Mutiara (banyak butiran daging disekujur tubuhnya sehingga tampak seperti mutiara yang menempel)
  • Red head (adanya bintik merah di bagian kepala)
  • Buble eyes (mata kantong, karena tampak gelembung besar dibagian kantung matanya)
  • Veil tail (dengan sirip punggung dan ekor yang agak panjang berumbai)

Berikut varietas ikan maskoki yang menjadi unggulan saat ini :

  • GOLDFISH
    Ikan maskoki jenis ini bentuk fisiknya masih seperti ikan karper krusian dan belum banyak terjadi perubahan, dengan warna dasar biru. Sedangkan, warna terbaik pada jenis ikan maskoki adalah merah dan mantang tanpa warna perak sedikit pun. Goldfish memunyai ekor terbelah dua (forked). Panjang total ikan mencapai 8 inci, aslinya berasal dari China.
  • FANTAIL (Loochoo)
    Ikan maskoki berekor kipas dan berasal dari China. Masyarakat Jepang menyebut ikan ini ryukin, karena masuk dari China melalui Pulau Ryukyu. Ekornya bersirip kembar, bentuknya mekar dan panjang, dengan sirip ekor melebihi panjang tubuhnya. Panjang totalnya mencapai 3,5 inci.
  • VEILTAIL
    Ikan maskoki berekor rumbai. Sering orang sulit membedakan antara ikan maskoki kipas dan maskoki rumbai. Cara membedakannya, sirip ekor ikan maskoki rumbai panjang dan terbelah menjadi dua (kembar). Sirip ekornya sangat panjang dan bahkan kelihatan mengantung ke bawah, juga memunyai sirip punggung yang tinggi.
  • TELESKOP
    Ikan maskoki dengan ciri khas matanya yang mencuat keluar, seolah-olah matanya memakai teleskop. Perkawinan antara maskoki lionhead ranchu dan mas koki teleskop menghasilkan ikan mas koki demerancu.
  • ORANDA
    Ikan maskoki jenis ini memiliki kepala mirip singa, namun memunyai sirip punggung. Warna oranda yang terkenal adalah tancho oranda yaitu badannnya berwarna putih dan di atas kepalanya terdapat warna merah.
  • LIONHEAD
    Ikan maskoki yang memunyai kepala mirip kepala singa, namun tidak mempunyai sirip punggung, sirip anal, dan sirip ekor pendek dan kaku.
  • NIRWANA (celestial)
    Ikan maskoki dengan ciri khas bentuk pupil matanya yang menghadap ke atas. Karena bentuk matanya yang demikian menyebabkan ikan ini sulit memenangi kompetisi pakan dengan ikan lain. Oleh karena itu, ikan ini hanya cocok dipelihara dengan varietas yang sama. Ciri lain adalah warnanya oranye metalik dan tidak memunyai sirip punggung.
  • BURIK
    Ikan maskoki yang memiliki warna beraneka ragam. Varietas mas koki burik yang terkenal adalah shubunkin bristol.
  • KOMET
    Ikan maskoki yang ekornya yang berbentuk seperti garpu, memanjang, dan lebih panjang daripada badannya. Karena itu ekornya yang memanjang itu ia disebut komet.
  • BUBBLE EYES
    Ikan maskoki yang memiliki mata normal, namun pelupuknya menggelembung seperti balon. Gelembung ini mulai tumbuh setelah ikan berumur tiga bulan. Ciri lainnya adalah ikan ini tidak memunyai sirip punggung.
  • SISIK MUTIARA
    Ikan maskoki yang sisiknya seperti mutiara. Warna itu muncul di permukaan kulit, kalau diraba terasa berbintil.
  • BLACKMOOR
    Ikan maskoki dengan ciri warnanya yang hitam kelam. Pada usia muda ikan ini berwarna coklat kemerahan. Adapun ekornya seperti kipas dan matanya berkembang seperti maskoki teleskop.
  • KALIKO
    Sesuai namanya ikan ini berwarna-warni, warna yang muncul biasanya kuning, hitam, merah, dan putih.

Maskoki dapat dipelihara dalam berbagai jenis wadah, mereka biasa dipelihara dalam wadah keramik, akuarium kaca, bak semen dan juga kolam. Selama syarat hidup mereka dipenuhi mereka akan senang hidup ditempat yang disediakan. Secara umum dapat dikatakan bahwa maskoki termasuk ikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai variasi kualitas air dan juga suhu. (bebenkoki)

.