Mekong Giant Catfish

Mekong Giant Catfish (Pangasianodon gigas) adalah spesies lele dalam keluarga ikan patin, dan dibedakan oleh ketidakadaan sungut dan gigi. Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 10,5 kaki dengan bobot mencapai 660 pound. Ikan ini merupakan spesies ikan terbesar dan endemik dari sungai Mekong dan mereka bermigrasi menempuh jarak jauh untuk berkembangbiak.

Ikan jenis ini hidup di aliran sungai Mekong, China, yang mengalir ke selatan ke daerah asia tenggara tepatnya di daerah Kamboja dan Thailand. Dikenal dengan nama Pla Buk, yang berarti ikan raksasa, diperkirakan ikan ini mampu tumbuh hingga panjang 10 kaki (3 meter) dan berat hingga 660 lbs (300kg)

Para ilmuwan juga menemukan hal yang menakjubkan tentang ikan ini, mereka menghabiskan sebagian hidup di lautan. Sebagian orang memiliki kesan bahwa catfish lamban dan hanya hidup beridam diri di dasar sungai, tapi baru diketahui bahwa rute migrasi ikan ini dapat menyaingi rivalnya yaitu ikan salmon. Para ilmuwan menemukan ikan ini berenang sejauh 600 mil (1000km) dari laut cina selatan hingga ke sungai Mekong untuk melahirkan.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Siluriformes
Family: Pangasiidae
Genus: Pangasianodon
Species: P. gigas

Ikan ini sekarang hanya ditemukan di aliran utama sungai Mekong di Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Para ilmuwan memperkirakan bahwa populasi Mekong Catfish ini telah menurun sekitar 90% dalam dekade terakhir. Tidak ada angka populasi yang pasti, dan perkiraan penurunan populasi ikan ini didasarkan pada jumlah spesimen yang tertangkap, Beberapa ahli percaya mungkin hanya beberapa ratus Mekong Giant Catfish yang masih hidup.

Ancaman lain terhadap Mekong Catfish, dan beberapa spesies ikan raksasa lain yang bermigrasi di Mekong,  adalah pembangunan infrastruktur seperti bendungan yang rute migrasi blok dan mengisolasi beberapa populasi. Tanpa kemampuan untuk bergerak naik maupun turun sungai, ikan memiliki sedikit kesempatan untuk berkembang biak.