Monotaxis Grandoculis

Spesimen itu berukuran standar sekitar 12 cm. Memiliki mata yang cukup besar, tubuh umumnya gradasi abu-abu kebiruan dengan keputihan pada bagian ventral, bibir berwarna kuning ke merah muda. Daerah sekitar mata berwarna kuning atau oranye. Sirip umumnya tanpa tanda khas. Membran jelas atau kehitaman tetapi sering kemerahan menjadi kuning-oranye. Sebuah bercak hitam besar terdapat pada posterior dasar sirip punggung. Sirip anal kebiruan di dasar, dengan marjin oranye/merah. Sirip dada dan panggul pucat, tetapi yang terakhir memiliki tepi oranye.

Distribusi
Spesies ini terdapat di perairan laut tropis dan subtropis dari Indo-Barat dan Pasifik Tengah. Terdapat juga di Afrika Timur dan Laut Merah, utara ke Jepang, selatan ke Australia dan timur ke Kepulauan Hawaii. Di Australia Humpnose Bream mata besar diketahui dari Great Barrier Reef, Queensland.

Habitat
Ikan ini dapat ditemukan pada kedalaman 1 m sampai 100 m. Umumnya ditemukan disekitar terumbu karang berpasir, ikan ini cukup aktif.

Makanan
The Humpnose Bream mata besar adalah pemakan nokturnal. Bahan makanannya termasuk moluska, bintang laut, landak laut, kepiting, polychaetes dan teripang.

Perilaku
Sebagai ikan dewasa, ikan ini sering membentuk agregasi besar hingga 50 ekor.

Classification

Species: grandoculis
Genus: Monotaxis
Family: Lethrinidae
Order: Perciformes
Class: Actinopterygii
Subphylum: Vertebrata
Phylum: Chordata
Kingdom: Animalia