• -6.153636, 106.792756

Mujair

Mujair

Mujair

Ikan mujair  memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus , dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Mozambique tilapia, atau kadang-kadang secara tidak tepat disebut “Java tilapia”. Ikan mujair berukuran sedang, panjang total maksimum yang bisa dicapai oleh ikan ini hanya sekitar 40 cm. Bentuk badannya pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning. Sirip punggungnya (dorsal) memiliki 15-17 duri (tajam) dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak); dan sirip dubur (anal) dengan 3 duri dan 9-12 jari-jari.

Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika, dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh seorang laki-laki yang bernama Pak Mujair di muara sungai serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Meski masih menjadi misteri, bagaimana ikan itu bisa sampai ke muara terpencil di selatan Blitar, tidak menjadi alasan untuk tetap memberikan nama ikan tersebut sesuai dengan nama penemunya yaitu ‘mujair’ hal ini dilakukan untuk mengenang penemu ikan mujair itu. Adapun beberapa jenis ikan mujair yang dikenal antara lain : mujair biasa, mujair merah (mujarah) atau jamerah dan mujair albino.

Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam (salinitas), sehingga dapat hidup di air payau. Jenis ikan ini mempunyai kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa kecepatan pertumbuhannya akan menurun. Panjang total maksimum yang dapat dicapai jenis ikan ini sekitar 40 cm. Saat ini ikan mujair sudah banyak dibudidayakan di masyarakat kita, tentunya ada persyaratan dan teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai agar proses pembudidayaan tersebut berhasil.

Sedikit informasi tentang ikan mujair ini, berikut cara membedakan antara ikan mujair jantan dan betina :

Ikan Mujair Betina

  • Terdapat 3 buah lubang pada urogenetial yaitu anus, lubang pengeluaran telur dan lubang urin
  • Ujung sirip berwarna kemerah-merahan pucat tidak jelas
  • Warna perut lebih putih
  • Warna dagu putih
  • Jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan

Ikan Mujair Jantan

  • Pada alat urogenetial hanya terdapat dua lubang yaitu; anus, dan lubang pengeluaran sperma sekaligus lubang pengeluaran urin.
  • Ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang dan jelas
  • Warna perut lebih gelap (kehitam-hitaman)
  • Warna dagu kehitam-hitaman dan kemerah-merahan
  • Jika perut distriping akan mengeluarkan cairan

Pola reproduksi ikan mujair ini terbilang cukup unik tetapi juga sangat menarik untuk diketahui. Pemijahan akan terjadi setelah induk jantan membuat lubang sarang yang berupa cekungan di dasar kolam. Begitu pembuatan sarang selesai segera berlangsung proses pemijahan. Setelah proses pembuahan maka telur-telur hasil pemijahan segera dikumpulkan ke dalam mulut ikan mujair betina untuk dierami hingga menetas. Pada saat proses itu, induk betina tidak aktif makan sehingga terlihat kurus. Telur akan menetas kira 3-5 hari. Setelah sekitar dua minggu setelah pengetasan induk betina baru melepaskan anak-anaknya karena telah mampu mencari makan sendiri.

Di lokasi pemancingan alam seperti waduk dan danau ikan ini memang paling gampang untuk hidup. Karena sifatnya yang gampang menyesuaikan diri dengan perairan tawar, sehingga ikan ini mampu hidup bahkan di perairan yang payau. Ikan mujair termasuk ikan pemakan segala atau omnivora, makanan utamanya adalah lumut, tumbuhan air, serangga dan cacing. Ikan mujair termasuk ikan yang cukup rakus dengan makanan yang ada, sehingga dalam pemancingan ikan ini lebih mudah untuk ditangkap.

Umpan untuk memancing ikan mujair adalah lumut, pelet, laron dan cacing merah. Umpan tersebut merupakan umpan utama dalam pemancingan ikan mujair. Memancing dengan lumut biasanya menjadi pilihan utama mancing ikan ini, karena pada umumnya ikan yang lama di alam akan menyantap makanan yang biasa ada di sana. Klasifikasi ikan mujair adalah sebagai berikut :

(Berbagai sumber)

2 thoughts on “Mujair

  1. gembel

    dikampung w nama’ ikan jaer banyak terdapat di empang ma di kali, ada lagi cucu’ nama’ sepet. imut dan renyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>