Murray Cod

Murray Cod (Maccullochella peelii) adalah ikan air tawar predator besar Australia dari genus Maccullochella dan keluarga Percichthyidae. Murray cod adalah bagian penting dan karismatik satwa liar vertebrata Australia dan ditemukan di sungai Murray-Darling di Australia. Murray cod adalah yang terbesar dari ikan air tawar di Australia dan salah satu yang terbesar di dunia. Nama umum lain untuk Murray cod termasuk cod, Greenfish dan goodoo.

Nama ilmiah dari Murray cod berasal dari seorang peneliti ikan Australia dengan nama McCulloch dan dari Sungai Peel. Populasi cod Murray telah menurun parah sejak kolonisasi Eropa di Australia karena sejumlah penyebab, termasuk overfishing parah, regulasi sungai dan degradasi habitat dan sekarang terdaftar dalam spesies terancam. Namun, mereka pernah menghuni  sungai terbesar di Australia, dalam jumlah yang sangat besar.

Seekor ikan berumur panjang, dewasa Murray cod adalah karnivora dan makanan utamanya adalah memakan ikan lainnya. Spesies ini menunjukkan tingkat tinggi untuk pengasuhan telur mereka, yang melahirkan di musim semi dan biasanya diletakkan di dalam log berongga atau permukaan keras lainnya. Murray cod adalah target populer memancing  dan spesies akuakultur. Sering tersedia melalui perdagangan akuarium, mereka juga merupakan spesies akuarium yang populer di Australia .

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Percichthyidae
Genus: Maccullochella
Species: M. peelii
Binomial name
Maccullochella peelii

Sebuah cod Murray, menampilkan karakteristik pewarnaan berbintik-bintik hijau. Sirip punggung Murray cod berduri sedang sampai rendah di ketinggian dan sebagian dipisahkan oleh takik dari tinggi, sirip punggung bulat lunak. Pewarnaan berhubungan dengan kejernihan air, pewarnaan yang intens dalam ikan dari habitat air jernih. Kecil menengah Murray cod dari habitat air jernih sering memiliki pewarnaan mencolok dan sangat berbeda. Ikan yang sangat besar cenderung ke arah pewarnaan abu-abu hijau berbintik-bintik.

Murray cod adalah ikan besar, dengan ikan dewasa mencapai 80-100 cm (32-39 in). Murray cod mampu tumbuh lebih dari 1 meter (3 kaki) panjang dan terbesar dalam catatan lebih dari 1,8 meter (6 kaki) dan sekitar 113 kilogram (250 lb). Besar peternakan ikan langka di populasi yang paling liar saat ini karena penangkapan yang berlebihan.

Murray cod sangat berumur panjang, yang merupakan karakteristik dari banyak ikan asli air tawar di Australia. Panjang Umur adalah strategi bertahan hidup dalam lingkungan asli air tawar di Australia. Murray cod ikan air tawar asli di Australia berumur panjang. Murray cod tertua berusia 48 tahun, yang lebih besar dari tahun lalu bahwa spesies dapat mencapai usia jauh lebih besar, dari 70 tahun atau lebih.

Murray cod mencapai kematangan seksual antara empat dan enam tahun , umumnya lima tahun. Besar perempuan Murray cod yang berada di Kisaran 15-35 kilogram (35-80 lb ). Perempuan Murray Cod, setelah pertama mencapai kematangan seksual, akan memiliki jumlah telur tidak lebih dari sekitar 10.000. Sangat besar perempuan Murray cod dapat memiliki jumlah telur setinggi 80,000-90,000.

Betina meletakkan telur perekat besar seperti tikar pada permukaan pemijahan, yang membuahi laki-laki. Betina kemudian meninggalkan pemijahan. Laki-laki tetap menjaga telur selama inkubasi, yang memakan waktu enam sampai sepuluh hari (tergantung suhu air) dan untuk menjaga larva menetas selama seminggu lebih atau lebih sampai mereka bubar. Larva membubarkan dari sarang dengan hanyut dalam arus sungai pada malam hari, dan melanjutkan perilaku ini selama sekitar empat sampai tujuh hari. (wikipedia)