Nannostomus Trifasciatus

Nannostomus Trifasciatus atau yang dikenal dengan Three-line pencilfish merupakan ikan air tawar yang tersebar di sungai Amazon mulai dari Colombia, Peru dan Guyana. Three-line pencilfish adalah ikan kecil yang panjangnya hanya mencapai 6 cm, dan mempunyai pola warna yang terang sepanjang hari dan sepanjang malam.

Selama siang hari, tiga garis hitam membujur disepanjang tubuhnya dan pada malam hari garis tersebut menghilang dan tiga spot gelap yang besar muncul pada sisi ikan dari punggung ke perutnya, kemungkinan hal ini dilakukan untuk bersembunyi dari ikan predator nocturnal. Berdasarkan penelitian, perubahan warna ini disebabkan oleh aktifitas hormon Melatonin pada pigmen sel terhadap perbedaan kondisi.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Characiformes
Family Lebiasinidae
genus Nannostomus
Species Nannostomus trifasciatus

Umumnya Nannostomus trifasciatus Jantan mempunyai warna yang lebih cerah dan sedikit lebih ramping dibanding betina, selain itu ikan jantan bersifat teritorial untuk wilayah yang kecil. Nannostomus trifasciatus bersifat omnivora dan banyak menghabiskan waktu di permukaan air, dengan makanan utama adalah serangga, namun terkadang juga memakan alga.

Proses reproduksi secara eksternal, dan bertelur dapat dilakukan sepanjang hari. Telur bersifat lengket dan biasanya diletakkan di daun tanaman atau berserakan di air. Sekali bertelur menghasilkan 30–70 telur, dan akan menetas 18–72 jam kemudian tergantung suhu air. Anak ikan yang baru menetas tidak dijaga oleh sang induk. Nannostomus trifasciatus aktif sepanjang hari dan istirahat di malam hari pada permukaan air. Dialam bebas ikan ini diketahui juga bermigrasi dari sungai ke hutan basah selama musim hujan. Kondisi lingkungan habitat ikan ini adalah air dengan pH 6–7 dan suhu 24–280C. (zafact)