Nautilus

Namanya Nautilus. Nama yang masih asing di telinga kita, kan? Nah, seperti apa keunikan Nautilus?

nautilus1Nautilus (berasal dari bahasa Yunani yang artinya pelaut) ialah nama umum bagi sejumlah spesies moluska laut yang masuk dalah famili Nautilidae. Sekilas binatang ini mirip siput karena memiliki cangkang. Tapi, ia bukanlah keluarga siput. Nautilus tergolong keluarga Chelapoloda, atau satu golongan dengan cumi-cumi dan gurita. Walaupun bercangkang, Nautilus masih berkerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Hewan yang bisa memiliki 90 tentakel dan berdiameter 3 dan 30 cm diketahui telah hidup sejak jutaan tahun lalu dengan bentuk yang tidak banyak berubah, sehingga dianggap fosil hidup.

Cangkang Nautilus berbentuk spiral (berbentuk garis memutar) bergaris keperakan. Cangkang ini melindungi bagian tubuh Nautilus yang lunak. Jadilah Nautilus sebagai satu-satunya jenis cumi-cumi yang memiliki cangkang. Seperti keluarga cumi-cumi lainnya, Nautilus juga memiliki tentakel. Jumlahnya mencapai sembilanpuluhan tentakel. Tentakel-tentakel ini terbagi menjadi dua lingkaran. Berbeda dengan tentakel cumi-cumi atau gurita, tentakel Nautilus tidak memiliki pengisap. Untuk bernafas, Nautilus memiliki dua pasang insang.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Mollusca
Kelas: Cephalopoda
Upakelas: Nautiloidea
Ordo: Nautilida
Upaordo: Nautilina
Agassiz, 1847
Famili: Nautilidae
Blainville, 1825

Nautilus tergolong predator. Ia memakan, udang dan ikan-ikan kecil yang tertangkap oleh tentakelnya. Dan hebatnya, Nautilus hanya butuh makan sekali sebulan. Kebanyakan Nautilus hanya berdiamter sekira 20 cm. Jenis terbesar Nautilus pompilius yang hidup di Australia barat dengan diameter mencapai 26,8 cm. Sedangkan jenis terkecil yaitu Nautilus macromphalus, biasanya hanya berukuran 16 cm.

Yang unik dari Nautilus ini adalah caranya menyelam. Cumi bercangkang menyelam dengan cara memasukkan air ke dalam ronga-ronga tubuhnya. Dalam cangkangnya, Nautilus memiliki dua puluh delapan rongga yang saling berhubungan. Saat hendak menyelam, Nautilus mengisinya dengan cairan. Sebaliknya ketika hendak mengapung, Nautilus mengeluarkan cairan dari dalam rongga dan menggantinya dengan gas.

Sumber : beritaunik