Northern Pike

Northern Pike (Esox lucius) atau yang biasa dikenal dengan Pike di Inggris, Irlandia dan USA atau Jackfish di Kanada merupakan ikan karnivora dari keluarga Esocidae yang biasa hidup di perairan tawar dan payau. Ikan ini banyak ditemukan di perairan berkadar garam rendah semenanjung bumi utara termasuk Eropa, Rusia dan Amerika.

Northern pike mempunyai warna kehijauan dengan bayangan kuning hingga putih di perutnya. Bintik – bintik terang berada di sekujur tubuh ikan ini dengan beberapa bintik gelap di siripnya. Ikan muda mempunyai garis kuning di sepanjang tubuh hijaunya. Separuh insang bagian bawah Northern pike tidak ditutupi oleh sisik. Ikan ini mempunyai pori besar bersensor di kepalanya dan di sisi bawah rahang bawahnya. Sedikitnya kurang dari enam pori bersensor ada pada sisi bawah tiap rahang bawahnya. Northern pike dapat tumbuh besar di habitat aslinya dengan mencapai panjang 150 cm dan berat 25 kg. Ikan ini hidup pada iklim subtropis di sungai yang lembam dan dangkal dengan suhu 10 – 28  derajat cescius.

TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Actinopterygii
Order
Esociformes
Family
Esocidae
genus
Esox
Species
Esox lucius

Northern pike muda biasanya memakan invertebrata kecil mulai dari daphnia dan saat panjang tubuhnya mencapai 4 – 8 cm akan mulai memakan ikan kecil. Umumnya jenis pike, pike ini juga merupakan tipe predator pemburu dan akan menangkap mangsa dengan mulutnya kemudian mengigitnya dengan giginya yang tajam. Northern pike bertelur pada musim semi di saat suhu air mencapai 90C. Betina yang lebih besar akan diikuti oleh beberapa jantan yang lebih kecil. Ketika telah berpasangan, jantan akan meletakkan ekornya di bawah tubuh betina untuk proses pembuahan.

Pelepasan telur ditandai dengan pergerakan ekor, sekali bergerak sekitar 5 – 60 butir telur dilepaskan. Proses perkawinan ini berlangsung selama 5 – 10 hari. Proses bertelur terjadi di dasar sungai dan kondisi dasar yang paling baik untuk bertelur adalah dasar dengan vegetasi yang pendek namun tebal. Telur akan menetas setelah 2 – 3 minggu. Perlu diketahui bahwa Pike merupakan ikan yang populer dalam dunia permancingan dibanding sebagai ikan hias.