Nudibranchia

Kekayaan hayati laut Indonesia dikenal sangat beragam, salah satu diantaranya adalah invertebrata laut. Invertebrata laut dalam sistem rantai makanan merupakan herbivora, predator dominan dan biota penentu dari sistem piramida makanan. Berbagai jenis invertebrata laut yang banyak dijumpai di daerah pesisir salah satunya Nudibranchia

Nudibranchia adalah anggota dari apa yang menjadi clade taksonomi sekarang, bukan ikan. nudibranch sering disebut siput laut terbesar dari ordo Opisthobranchia. Anggotanya lebih dari 3.000 spesies. Sebuah istilah non-ilmiah. Hal ini menyebabkan beberapa orang yg menganggap bahwa setiap siput laut itu nudibranch. Nudibranchs sangat banyak dalam hal jenis, dan seringkali sangat menarik dan jelas. Di antara kelompok ini dapat ditemukan makhluk paling berwarna di bumi.

Kata nudibranchia berasal dari gabungan kata bahasa Latin nudus yang berarti telanjang, dan kata bahasa Yunani brankhia yang berarti insang. Kelompok ini memang memiliki insang yang dapat dilihat dengan mata karena tidak tersembunyi di dalam tubuh. Dalam bahasa Indonesia, hewan ini dikenal dengan nama kelinci laut atau “sea rabbit”.

Hewan ini memiliki badan yang lunak. Bentuk dewasanya tidak memiliki cangkang atau operculum. Bentuk tubuh bervariasi, ukuran berkisar antara 40 mm hingga 600 mm. Nudibranchia memiliki kepala bertentakel, yang sangat sensitif terhadap sentuhan, rasa, dan bau. Seperti siput darat, ia memiliki rhinophora berbentuk seperti pentungan dan berperan untuk mendeteksi bau. Semua anggotanya hermafrodit, tetapi jarang melakukan pembuahan sendiri.

Keberadaan Nudibranchia sebagai salah satu kekayaan hayati Indonesia dan memiliki peran dalam rantai makanan, telah menempatkan Nudibranchia sebagai spesies yang harus dijaga kelestariannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian Nudibranchia dengan cara menjaga makanannya, pada umumnya Nudibranchia memakan algae, sponge, karang keras dan lunak, bryozoans dan hydroids. Jenis makanan Nudibaranch ini bisanya tersedia di daerah yang memiliki terumbu karang. Nudibranchia juga terkenal sebagai hewan laut karnivora dan beberapa kanibal, memakan siput air lainnya, dan pada situasi tertentu, bahkan anggota spesies mereka sendiri.

Mereka terdapat di seluruh dunia pada semua kedalaman, tetapi mereka mencapai ukuran terbesar dan bervariasi pada perairan hangat dan dangkal. Di antara mereka, dapat ditemukan makhluk paling berwarna-warni di bumi. Karena siput air, berevolusi, telah kehilangan cangkang mereka, mereka perlu mencari cara melindungi diri yaitu kamuflase, melalui warna yang membuat mereka tidak kelihatan atau menakuti predator karena mereka rasanya tidak enak atau beracun. (terselubungblogspot)