Orange Roughy

Ikan Orange Roughy merupakan jenis ikan laut dalam yang termasuk ke dalam family Trachichthyidae. Ikan ini biasa hidup di dalam suhu sekitar 3-9 derajat celcius (37 -48 °F) pada kedalaman 180-1,800 m (590-5900 ft) di perairan Barat Samudera Pasifik, timur Samudera Atlantik (dari Islandia ke Maroko, dan dari Walvis Bay, Namibia, Durban, Afrika Selatan), Indo-Pasifik (Selandia Baru dan Australia), dan di Pasifik Timur Chili.

Ikan ini sebenarnya memiliki warna terang, merah bata, namun setelah mati warna ikan ini akan berubah menjadi orange hingga kekuningan. Umur maksimal ikan ini yang pernah di publikasikan mencapai 149 tahun. Pengukuran dilakukan dengan analisis radiometrik.

Ikan Orange Roughy memerlukan waktu 20 sampai 40 tahun untuk bisa menjadi dewasa dan berkembang biak dalam hidupnya, jangka waktu yang cukup lama pastinya hanya untuk tumbuh dan berkembangbiaknya seekor ikan Orange Roughy dibanding dengan perburuan yang dilakukan oleh manusia terhadap ikan ini. Karena hal inilah dibeberapa negara melarang untuk mengkonsumsi ikan jenis ini, selain itu kandungan merkuri ikan Orange Roughy juga sangat tinggi.

klasifikasi-orange-roughy

 

Deskripsi Singkat

Orange Roughy memiliki duri punggung (Keseluruhan (total)): 4 – 6; duri punggung lunak (Keseluruhan (total)): 15-19; Duri dubur 3; Sirip dubur lunak: 10 – 12. Ikan ini juga memiliki ukuran mata dan mulut yang cukup besar. Ukuran panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 75 cm dengan berat 7 kg. Akan tetapi panjang rata-rata ikan Orange Roughy yang sudah pernah ditangkap sekitar 35 sampai 45cm.

Reproduksi

Waktu yang digunakan untik bereproduksi sekitar bulan Juni atau Juli, proses perkembangbiakan ikan ini sangat lambat sekali karena ikan Orange Roughy ini baru bisa melakukan perkawinan ketika berumur 20 tahun dengan panjang sekitar 30 cm.(wikipedia)