Paradise fish

Paradise (Macropodus opercularis) berasal dari Cina dan Pulau Formosa. Tubuh ikan karnivora ini dapat mencapai 7,5 cm dan berwarna sangat menarik, yaitu bergaris selang-seling biru dan merah. Sirip punggungnya panjang berwarna biru, sedangkan sirip perutnya berpangkal biru dan berujung merah. Ekornya panjang menggarpu dengan warna merah dan biru. Saat ini sudah berkembang banyak warna mulai dari cokelat, biru, sampai albino.

Ikan Paradise cukup agresif, menyerang satu sama lain serta berpotensi membunuh ikan-ikan kecil. Di alam liar, mereka adalah predator, makan serangga, invertebrata dan ikan kecil. Popularitas spesies ini telah berkurang dalam beberapa dekade terakhir. Spesies ini adalah salah satu dari beberapa ikan yang dapat mengubah warna (terang atau lebih gelap) dalam menanggapi rangsangan.

Sama seperti ikan-ikan yang lain tersebut di atas, paradise fish juga agresif. Mereka suka menyerang ikan lain, terutama ikan-ikan yang masih kecil. Lawan yang setara dengan paradise fish adalah hiu. Jadi jangan sampai berbuat kesalahan untuk memelihara dua paradise fish sekaligus dalam akuarium.

Habitat dan Makanan

Ikan Paradise yang toleran terhadap kondisi air hampir semua, hidup di perairan dingin dan hangat sama. Mereka dapat disimpan di kolam, atau bahkan yang paling sederhana akuarium. Mereka akan menerima hampir semua makanan, tetapi harus diberikan diet tinggi protein cukup. Mereka juga suka makan jentik nyamuk, cacing hitam, udang air garam dan lalat kecil.

Pemijahannya dapat dilakukan dalam akuarium, kolam kecil, maupun paso. Cara memijah ikan ini hampir sama dengan cupang adu, hanya saja tanaman airnya sebaiknya mengapung seperti enceng gondok.

Walaupun ikan ini tidak seagresif cupang adu, namun pilihan pasangannya harus dicermati. Bila jantan menyerang betina dengan kasar, sebaiknya pasangan betinanya diganti atau menunggu hingga sifat agresifnya menurun. Bila dipaksakan, betina akan mati sebelum bertelur. Untuk perawatan telur dan larva seperti pada perawatan cupang adu. Paradise dapat dijual kalau sudah berukuran 2,5 cm atau berumur 3,5 bulan.

1 Response

  1. masbidin says:

    kira-kira kalau di adu sama hiu bala menang mana ya?