Paus Putih

Paus Beluga atau Paus Putih (Delphinapterus leucas) adalah jenis cetacean yang terdapat di wilayah perairan laut kutub utara dan sekitarnya. Beluga adalah salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan Narwhal. Mamalia laut ini dikenal secara umum sebagai Beluga atau kenari laut karena ciri khas dari lengkingan suaranya yang tinggi. Panjang Beluga dapat mencapai 5 meter dengan warna tubuh yang putih, sementara kepalanya berbentuk melon.

Warna mereka yang tidak biasa ini membuat mereka salah satu paus yang paling dikenal dan mudah dibedakan dari semua paus lainnya. Bayi mereka dilahirkan dengan warna abu-abu atau bahkan coklat dan akan memudar menjadi putih disaat mereka menjadi dewasa secara genetk setelah berumur sekitar lima tahun. Mereka memiliki dahi bulat dan tidak ada sirip di punggung.

Beluga adalah binatang menyusui atau mamalia, status mangsa (ordo) karnivora, rentang hidup di alam bebas rata-rata sekitar 35-50 tahun. Ukuran, panjang tubuh mulai dari 13 sampai 20 kaki (4-6,1 m), berat : sekitar 2.000 sampai 3.000 pound (907 hingga 1.361 kilogram). Mereka hidup dalam kelompok yang disebut Pot (polong). Status perlindungan terancam punah.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Odontoceti
Famili: Monodontidae
Genus: Delphinapterus
Spesies: D. leucas
Nama binomial
Delphinapterus leucas
(Pallas, 1776)

Tahukah Anda? Tidak seperti ikan paus lainnya, paus beluga ini memiliki leher yang fleksibel yang memungkinkan mereka untuk memutar kepala ke segala arah. Beluga umumnya hidup bersama di dalam kelompok-kelompok kecil yang dikenal sebagai polong. Mereka adalah hewan sosial dan komunikator yang sangat vokal yang menggunakan bahasa diversifikasi klik, peluit, dan clangs. Paus beluga juga dapat meniru berbagai suara lainnya.

Beluga_Whale_Calf_600Paus putih ini sering dijumpai di pesisir perairan Samudra Arktik, meskipun mereka juga bisa ditemukan di perairan subarctic. Paus beluga di Kutub Utara bermigrasi ke selatan dalam kawanan besar ketika laut membeku. Hewan-hewan ini sering mati karena terperangkap oleh es Arktik, dan mereka yang mati adalah mangsa bagi beruang kutub, paus pembunuh, dan bagi orang-orang atau manusia-manusia Arktik. Mereka diburu oleh penduduk asli di utara, dan oleh perikanan komersial yang menangkap dan membawa beberapa populasi dari satwa langka ini, seperti di Teluk St Lawrence, dekat Collapse. Paus beluga memangsa ikan, krustasea, dan cacing.

Paus putih ini terkait dengan paus gading “unicorn” yang dikenal sebagai narwhal tersebut. Paus beluga tidak terkait dengan sturgeon dengan nama yang sama, yang telah banyak memancing kaviar yang terkenal. Paus beluga atau ikan paus putih, merupakan salah satu spesies terkecil dari ikan paus. Warna khas mereka dan dahi menonjol membuat mereka mudah diidentifikasi.