Phallostethus Cuulong

Phallostethus cuulong adalah salah satu ikan aneh yang terdapat di kawasan Asia Tenggara. Pejantan ikan sepanjang hanya 2 cm ini memiliki alat kelamin di kepala. Phallostethus cuulong adalah salah satu jenis ikan priapium, dinamai berdasarkan nama Dewa Kesuburan Yunani Kuno, Priapius. Ikan ini masuk dalam famili PhallostethidaePhallostethus cuulong hanya satu dari 22 priapiumfish. Nama jenis ini diambil dari dewi kesuburan Yunani kuno, Priapus. Ikan ini termasuk dalam golongan famili Phallostethidae. Mereka tinggal di Asia Tenggara. Dia berenang mengikuti arus vegetasi di perairan lambat dari kanal. Spesies tersebut ditemukan pada tahun 2009 oleh  Koichi Shibukawa dari Nagao Natural Environment Foundation Jepang di Sungai Mekong, Vietnam.

Phallostethus cuulongbeg itu putih tembus pandang berenang di kedalaman 0,5 hingga 3,5 meter di kanal pasang surut Delta Mekong. Alat kelamin Phallostethus cuulongbeg jantan tidak memiliki penis seperti manusia dan mamalia. Mereka memiliki organ unik bernama priapium. Bagian ini menghadap ke belakang dan terlihat seperti otot berbentuk pipa yang merupakan modifikasi dari sirip dada dan panggul. Priapium memiliki 2 bagian. Di dekat ujungnya, ada bagian serupa gergaji yang bergerigi, disebut ctenactinium. Di bagian depan, ada bagian berbentuk batang disebut toxactinium.

Phallostethus cuulong
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Atheriniformes
Family: Phallostethidae
Genus: Phallostethus
Species: P. cuulong
Binomial name
Phallostethus cuulong

Carakawin ikan priapiumfish yang memiliki organ reproduksi di dagunya, tepatnya di belakang mulut terlihat aneh, ikan jantan ini mendekati betinanya dengan berenang di sisinya. Selanjutnya, ikan ini mencoba untuk kawin dengan sang betina. Kepalanya berada di samping betina, kepala ikan jantan membentuk sudut 45 derajat sehingga bagian belakang kepalanya berada di bawah betina.  Biasanya priapium condong ke satu arah ini disebabkan organ reproduksinya berada di kepalanya. Diduga alat kelamin jantan dipakai untuk memegang betina saat kawin sebelum akhirnya mentransfer sperma.

Lynne Parenti dari Smithsonian Institution di Washington mengungkapkan, belum diketahui mengapa ikan ini berevolusi memiliki alat kelamin di kepala. Namun, Phallostethus cuulong hanyalah salah satu jenis dari grup ikan Atherinomorpha, ikan yang memodifikasi sirip sebagai alat kelamin. Pada Phallostethus cuulong, bukan cuma alat kelamin yang ada di kepala. Mulut dan anusnya pun terletak di bagian itu. Saluran cernanya berbentuk U. “Tak ada banyak hal yang menuju ke belakang pada ikan ini,” ungkap Parenti seperti dikutip New Scientist. (berbagai sumber)