Pictus Cat

Pictus Cat (Pimelodus pictus) merupakan catfish dari family Pimelodidae yang berasal dari sungai Amazon dan sungai Orinoco, Amerika Selatan. Seperti umumnya anggota Pimelodidae, Pictus cat mempunyai kumis yang panjang. Pictus cat berukuran relatif kecil dengan panjang 11–12 cm dibanding kerabatnya yang berfisik sama namun lebih besar yaitu Leiarius pictus dengan panjang 60 cm.

Ikan ini berwarna silver dengan bintik dan garis hitam di tubuhnya. Tulang pada sirip punggung dan dadanya sangat tajam sehingga menyusahkan saat pengemasan karena tulang tersebut dapat menembus atau merobek plastik, namun masih tetap aman untuk manusia. Pada sekitar mulutnya terdapat 3 pasang barbels (kumis) yang panjang dan berwarna putih. Pictus cat menggunakan barbels panjangnya untuk menemukan makanan disekitar dasar perairan.

TAKSONOMI
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Siluriformes
Family Pimelodidae
Genus Pimelodus
Species Pimelodus pictus

 

 

Seperti halnya catfish yang lain, pictus cat mempunyai mulut yang menghadap bawah dan ekor yang bercabang. Pictus cat merupakan perenang aktif dan nocturnal feeder atau mencari makan pada malam hari. Ikan ini bersifat omnivora. Di alam, makanan utamanya ialah invertebrata air, namun di aquarium dapat menerima makanan seperti cacing darah beku atau hidup, tubifex dan cacing tanah kecil. Mereka juga akan memakan ikan kecil seperti neon tetra. Kondisi lingkungan yang cocok untuk ikan ini adalah suhu 22–250C dan pH 5,6–6,8.

Pictus cat relatif sexual dimorphism yaitu perbedaan ikan jantan dan betina susah untuk ditentukan, namun biasanya betina sedikit lebih besar dibanding jantan. Teknik breeding belum pernah dilaporkan di aquarium. Untuk perawatan di aquarium, adanya beberapa tempat bersembunyi, space yang cukup luas untuk berenang dan pencahayaan yang redup sangat disukai ikan. Sistem filtrasi aquarium haruslah kuat dan efektif, terutama jumlah aliran air yang baik. Kualitas air yang buruk menyebakan kesensitifan ikan menurun bahkan menyebabkan ikan sering kehilangan barbelsnya. ( zafact)