Poecilia Mexicana

Poecilia Mexicana, salah satu spesies ikan air tawar kecil yang hidup di kawasan tropis memiliki perilaku kawin yang unik. Di antara hewan yang kawin dengan banyak pasangan, ikan jantan Poecilia mexicana mampu menggaet satu ikan betina dengan cara menggoda ikan jantan yang lebih besar.

Para pejantan yang berukuran lebih kecil melakukan tindakan homoseks demi memikat para betina agar tertarik untuk bercinta dengan mereka. Dan ternyata berhasil.

Menurut para peneliti, ikan molly Atlantik jantan yang lebih kecil biasa dipandang sebelah mata oleh para betina dibandingkan dengan pejantan yang lebih besar dan gagah. Namun, popularitas mereka melejit jika para betina memergoki ikan jantan kecil itu tengah bercinta, dengan ikan dari jenis kelamin manapun.

Para betina dari beberapa spesies hewan sudah diketahui memiliki preferensi untuk bercinta dengan pejantan yang pernah mereka pergoki bercinta dengan pasangan lainnya. Fenomena seperti ini dikenal dengan sebutan mate choice copying dan memungkinkan para betina mengevaluasi potensi kualitas pejantan yang dia incar dari jauh.

Perilaku homoseksual ternyata kerap terlihat di kalangan P. mexicana berukuran kecil. Diperkirakan bahwa ini merupakan taktik bercinta alternatif yang digunakan oleh para pejantan yang lebih kecil dan tidak menarik.

Manfaat langsung dari pejantan yang melakukan hubungan sejenis menjelaskan adanya preferensi para betina dari spesies tertentu yang hanya mengandalkan uji kualitas calon pasangan hanya dengan meniru pilihan para betina lain.