Pumpkinseed Sunfish

Corak tubuh ikan ini sangat cantik. Namun tidak demikian dengan perangainya, sehingga ikan ini tidak cocok dipelihara oleh pemula. Ditambah, ikan ini membutuhkan suhu air yang rendah. Karena itu, seperti yang telah dijelaskan diatas, ikan ini lebih cocok digunakan sebagai ikan kolam daripada sebagai ikan hias akuarium. Ikan ini belum pernah diperdagangkan di Indonesia. Pumpkinseed Sunfish (Lepomis gibbosus) merupakan Famili dari Centrarchidae (Perciformes). Ukuran tubuhnya sekitar 20 cm.

Distribusi & Habitat

Biasa ditemukan di kolam-kolam dan danau di Amerika Utara, terutama bagian timur, mulai dari provinsi New Brunswick di Kanada hingga ke negara bagian South Carolina di Amerika Serikat.

Set-up Akuarium

Ikan ini lebih baik dipelihara dalam akuarium yang berukuran besar. Sebenarnya, ikan ini lebih layak sebagai ikan kolam daripada ikan pengisi akuarium. Merupakan ikan air dingin (coldwater fish) yang akan menderita bila dipelihara dalam air hangat, sehingga chiller atau pendingin sangat dibutuhkan, mengingat ikan ini berasal dari kawasan subtropis. Di luar musim kawin, ikan ini adalah ikan yang sangat pendamai. Namun bila saatnya telah tiba, ikan ini menjadi teritorial dan agresif. Mereka akan merobek tanaman air, mengacak-acak akuarium, dan bahkan merusak piranti akuarium seperti heater atau termometer.

Pakan

Karnivora. Di habitatnya ikan ini hidup dengan memangsa ikan-ikan kecil, serangga, dan invertebrata. Di akuarium ikan ini dengan mudah akan menerima pakan hidup, beku, maupun serpih. Pelet cichlid adalah pakan yang sangat cocok untuk ikan ini.

Kondisi air

pH : 7-7,5 dan temperatur : 4-22 °C. 

Kompabilitas

Bukan termasuk ikan yang berperangai baik. Ikan ini adalah ikan yang garang dan agresif, terutama bila memasuki musim kawin, yang biasanya terjadi saat musim semi di habitat aslinya. Selain itu, ikan lain yang ukurannya cukup muat untuk masuk ke dalam mulutnya akan dimangsa. Bila ingin memeliharanya dengan ikan lain, harus ikan yang berukuran lebih besar dan lebih kuat daripada ikan ini. Yang unik, ikan ini juga mengenal tingkatan hierarki. Ikan jantan atau betina terbesar mendapat bagian makanan paling baik. (uniquefishprofiles)