Red Lipped BatFish

Ikan Kelelawar Berbibir Merah atau Red Lipped BatFish adalah Ikan yang sangat langka. Para batfish berbibir merah (Ogcocepphalus darwini) adalah ikan yang tidak biasa dari Kepulauan Galapagos. Ikan ini milik keluarga Ogcocephalidae, yang anggotanya sering disebut sebagai batfish. Batfish  berbibir merah berhubungan erat dengan Batfish (porrectus Ogcocephalus), yang ditemukan dekat Cocos Island di lepas pantai Kosta Rika. Kedua spesies ikan ini berperilaku sangat mirip satu sama lain.

classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Lophiiformes
Family: Ogcocephalidae
Genus: Ogcocephalus
Species: O. Darwini

Ada lagi sekelompok ikan yang sering disebut sebagai batfish, tetapi mereka termasuk dalam keluarga Ephippidae dan bukan keluarga Ogcocephalidae. Nama “batfish” berasal dari penampilan mereka. Mereka adalah ikan yang dikatakan menyerupai kelelawar. Batfish dari keluarga Ephippidae  biasanya memiliki sirip dan tubuh memanjang. Sebaliknya, batfish dari keluarga Ogcocephalidae, Batfish  yang berbibir merah, cenderung horizontal dan tidak memiliki sirip memanjang.

Ikan kelelawar (batfish) sejenis ikan dengan rentang sirip yang terbentang bagai sayap kelelawar, kebanyakan hidup di perairan Indo Pasifik. Batfish berbibir merah adalah satu-satunya ikan di dunia yang berjalan dengan keempat siripnya. Dengan sirip-sirip yang dirancang sedemikian rupa sehingga membuatnya dapat berjalan, ditambah hidung yang tampak ganjil dan bibir besar berwarna merah, rupa ikan ini betul-betul tidak lazim. Yang membuat ikan kelelawar ini mampu berjalan di dasar laut seperti manusia adalah sirip dada dan sirip panggulnya.

Dengan sirip-sirip ini, ikan kelelawar dapat berdiri di dasar laut dengan mudah, dan berjalan dengan ujung-ujung siripnya. Selain memiliki kemampuan ini, ikan kelelawar berbibir merah juga memiliki ciri yang menarik. Ia memiliki kaki tambahan kecil di atas hidungnya, yang digunakan sebagai pancing untuk menipu ikan lain. Ikan kelelawar adalah pemakan daging. Mereka menangkap mangsa ikan-ikan lainnya, ketam, larva, dan tiram-tiram kecil.

Para batfish berbibir merah tidak dianggap sebagai ikan akuarium yang baik karena sifat predatornya. Batfish adalah ikan laut dalam dan tidak biasa ditemui karena biasanya Batfish mendiami kedalaman laut lebih dari 100 kaki (30,5 m). Para batfish berbibir merah memiliki metode yang sama seperti beberapa ikan laut dalam lainnya. Mereka adalah karnivora dan makanan mereka sebagian besar terdiri dari ikan kecil dan krustasea. Batfish Merah-Lipped suka mengelabui mangsanya yang datang mendekat. Batfish berbibir merah memiliki Illicium, yang merupakan ekstensi kecil dari daerah kepalanya. Illicium ini digunakan untuk memikat mangsa agar tidak curiga. Mereka menarik hewan-hewan kecil seperti kepiting, moluska dan udang untuk makanan mereka. (berbagai sumber)