Red Tail Barracuda

Di beberapa tempat ikan ini memiliki banyak nama diantaranya;  Dog characin, spotted cachorro, amazon cachorro dan freshwater barracuda. Nama Red Tail Barracuda diberikan berdasarkan penampilan dan prilakunya yang mirip dengan Barracuda Laut. Akan tetapi meskipun mirip, ikan ini bukan termasuk dari keluarga Barracuda.

Red Tail Barracuda ini merupakan keluarga dari Characin, tersebar di sepanjang sungai Amazon. Mulai dari Peru, rio orinoco di Venezuela dan beberapa sungai di Guyana, Suriname dan French Guiana. Untuk status keberadaannya, ikan ini belum terevaluasi dalam IUCN Red List Status.

Deskripsi
Tidak ada yang istimewa dengan penampilan fisiknya, bahkan tidak terlihat seperti ikan hias pada umumnya yang menonjolkan keindahan. Bentuk tubuhnya ramping dengan mulut yang dipenuhi gigi-gigi tajam. Gigi-gigi tersebut tetap terlihat walaupun ikan tidak membuka mulutnya. Tubuhnya berwarna keemasan dan keperakan di bagian bawah perut.

Sirip-siripnya berwarna transparan kecuali pada ekornya. Ekor ikan berwarna merah pada bagian pangkal dan transparan di tepiannya. Warna merah juga muncul di sirip punggung ikan dewasa. Ikan ini mempunyai pola hitam yang khas di pangkal ekornya atau ditengah warna merah ekor. Ukuran tubuh ikan dewasa dapat mencapai 25-27,5 cm. Ikan betina memiliki tubuh yang cenderung lebih besar dan lebih gemuk dibanding ikan jantan.

Makanan
Ikan yang berkeluarga dengan piranha ini merupakan predator yang berkembang di alam, bersifat karnivora piscovora yakni secara khusus hanya memangsa ikan lain. Mangsanya adalah ikan yang berukuran kecil, namun ada juga sumber yang menyebutkan bahwa mangsanya bisa berukuran dua atau tiga kali lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Ikan ini sulit untuk menerima makanan berupa ikan mati, bahkan anakan ikan yang dibekukan tidak dianggapnya sebagai makanan. Dengan kata lain, makanan utamanya hanyalah ikan hidup. Beberapa penghobi mencoba juga untuk memberinya makanan kering dengan berharap bahwa ikan akan belajar dari tankmatenya.

Seperti kebanyakan ikan predator, red tail barracuda tidak cocok dengan daging mammalia atau unggas seperti hati sapi dan daging ayam. Pemberian makanan ikan hidup harus selalu diperhatikan. Ikan-ikan kecil seperti livebarrier dan ikan mas kurang sesuai bila dijadikan mangsa karena selain berpotensi membawa parasit atau penyakit, kandungan nutrisinya juga tidak cukup untuk menunjang pertumbuhan ikan. Walaupun ikan bersifat piscovora, terkadang ikan yang telah dipelihara akan juga memakan makanan non ikan seperti cacing tanah, udang sungai dan beberapa invertebrata air yang berukuran besar.

TAKSONOMI

Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Actinopterygii
Order
Characiformes
Family
Acestrorhynchidae
Genus
Acestrorhynchus
Species
Acestrorhynchus falcatus

Spesies Acestrorhynchus mempunyai penampilan serupa namun bukan berarti tidak bisa dibedakan. Red tail barracuda dibedakan dari spesies Acestrorhynchus lainnya dari ukuran fisiknya dan adanya marking hitam dibelakang penutup insangnya.

Walaupun beberapa dari spesies Acestrorhynchus juga memiliki marking hitam ini, namun untuk marking red tail barracuda cenderung berbentuk seperti tetesan air mata yang terbalik dengan ukurannya sekitar 25% dari lebar tubuh. Sedangkan marking hitam pada spesies lain biasanya berukuran lebih bulat ataupun lebih kecil.

Sumber : Zonaikankita