Regal Tang

Regal Tang (Paracanthurus hepatus) adalah spesies Indo-Pacific Surgeonfish. Seekor ikan populer di akuarium laut, itu adalah satu-satunya anggota dari genus Paracanthurus. Sejumlah nama umum diberikan ke spesies, termasuk Regal Tang, Palet Surgeonfish, Hippo Tang, Flagtail Surgeonfish, Pacific Regal Tang dan Blue Surgeonfish. Ikan ini tergolong dalam family Surgeonfish, yg memiliki pisau kecil dari zat kapur yg dapat disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil yang terbuat dari zat kapur ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi predator.

Ikan Regal Tang yang tubuhnya berwarna biru dan berekor kuning ini, banyak di temukan di terumbu Africa, Jepang, Samoa dan New caledonia. Ikan yang memiliki panjang tubuh sekitar 31cm ini, memiliki bau yang kuat hingga dagingnya tidak dikomsumsi untuk di makan. Apalagi ikan ini dapat menyebabkan keracunan Ciguatera, suatu penyakit yang di sebabkan mengkomsumsi ikan yang mengandung algamicroscopis. Oleh karna itu ikan yang tubuh luarnya memiliki banyak duri ini, hanya di perjual belikan sebagai ikan hias.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Acanthuridae
Genus: Paracanthurus
Bleeker, 1863
Species: P. hepatus
Binomial name
Paracanthurus hepatus
(Linnaeus, 1766)

Deskripsi

Paracanthurus hepatus memiliki tubuh berwarna biru royal, ekor kuning, dan desain ‘palet’ hitam. Tubuh bagian bawah berwarna kuning hidup di Samudera Hindia barat-tengah. Tumbuh sampai 30 cm (12 in). Ikan ini agak datar, seperti pancake, dengan bentuk tubuh melingkar, moncong-runcing seperti sisik hidung, dan kecil. Regal Tang memiliki duri punggung 9, 26-28 sinar lembut punggung, 3 duri anal, dan 24-26 jari lunak anal.

Ekologi

Rentang spesies sangat luas, tapi itu adalah tempat umum. Hal ini dapat ditemukan di seluruh Indo-Pasifik. Hal ini terlihat pada terumbu Afrika Timur, Jepang, Samoa, Kaledonia Baru, dan Great Barrier Reef. Regal Tang adalah salah satu Ikan Laut yang paling umum dan paling populer di seluruh dunia. Mereka hidup berpasangan, atau dalam kelompok kecil hingga 10 atau 12 ikan. Ikan ini mencapai kematangan seksual pada umur 9-12 bulan. Pola makan Regal Tang yang terutama terdiri dari plankton. Setelah dewasa adalah omnivora dan memakan plankton, tetapi juga memakan rumput pada alga. Pemijahan terjadi selama sore dan malam hari. Acara ini ditandai dengan perubahan warna dari biru tua ke biru seragam pucat.

Siklus Hidup

Jenis kelamin jantan lebih agresif dibanding dengan betina, pemijahan dilakukan secara cepat menuju ke atas permukaan air di mana telur dan sperma dilepaskan. Telur kecil, sekitar 0,8 mm. Telur yang Pelagis, masing-masing berisi tetesan tunggal minyak untuk flotasi. Telur yang sudah dibuahi menetas dalam dua puluh empat jam, larva terlihat keperakan dan duri ekor dasar. Regal Tang juga bisa membuat diri mereka menjadi semi-transparan, ketika dihadapkan dengan bahaya atau ruang yang gelap.

Penting Bagi Manusia

Regal Tang adalah ikan komersial kecil, bagaimanapun, itu adalah bukan ikan konsumsi. Daging memiliki bau yang kuat dan sangat tidak diperbolehkan untuk di konsumsi. Ikan ini dapat menyebabkan keracunan ciguatera jika dikonsumsi oleh manusia. Namun, Regal Tang dikumpulkan secara komersial untuk perdagangkan sebagai ikan akuarium. Jika sampai terluka oleh ikan ini dan mendapatkan luka dalam yang mengakibatkan pembengkakan dan perubahan warna, bisa memunculkan risiko infeksi. Hal ini diyakini bahwa beberapa spesies memiliki kelenjar racun Acanthurus sementara yang lainnya tidak. Duri hanya digunakan sebagai metode perlindungan terhadap agresor. (berbagai sumber)