Scatophagus Argus

Scatophagus argus adalah keluarga dari Scatophagidae. Ikan ini umumnya didistribusikan di sekitar wilayah Indo-Pasifik, ke Jepang, New Guinea dan Australia Tenggara. Mereka adalah ikan akuarium yang cukup populer.

Ikan ini dipelihara karena penampilan mereka dan perilakunya yang membuat penasaran, terutama dalam struktur tubuh yang terkenal menyerupai ikan diskus . Berbeda dengan diskus, Scatophagus adalah ikan air payau dan air laut yang berada di air tawar hanya ketika muda. Mereka terlihat sangat indah dengan bintik-bintik hitam pada tubuh mereka.

Saat bayi mereka hidup di lingkungan air tawar, tetapi pada saat berandak dewasa mereka pindah ke lingkungan air garam. Karena mereka tidak hidup di perairan beriklim sedang, mereka memerlukan setidaknya sedikit kehangatan (21C hingga 28C).

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Scatophagidae
Genus: Scatophagus
Species: S. argus
Binomial name
Scatophagus argus
(Linnaeus, 1766)

Mereka mungkin tidak memerlukan akuarium besar karena mereka dapat tumbuh besar, akuarium begitu besar dengan air asin yang banyak disukai untuk ikan ini. Jenis ini cukup tenang jika diberikan ruangan yang cukup. Tapi kadang-kadang mereka mengganggu spesies lain.

Scatophagus argus umum adalah omnivora dan pemakan apa saja. Makanan termasuk sayuran, hewan kecil dan puing-puing, dan mereka biasanya mudah mengambil makanan beku dan serpihan. Mereka juga cenderung makan tanaman akuarium. Dan karena kebiasaan makan mereka, mereka adalah ikan yang membuat aquarium cepat kotor, sehingga membutuhkan filtrasi yang kuat.

Scatophagus argus dimakan oleh beberapa orang dari lingkungan aslinya, dan bisa menyengat dengan duri kecil di bagian anteriornya, menimbulkan racun yang menyebabkan nyeri lebih besar dari ukuran luka, dan pusing. Pengobatan luka sering dilakukan dengan merendam penderitaan dalam air panas.