Sicklefish

sicklefish1Nama ikan ini adalah sicklefish yang memiliki nama latin Drepane punctata. Ikan sicklefish bentuk lucu dan unik. Secara keseluruhan warna ikan keperak-perakan dengan bintik-bintik hitam yang sangat teratus. Mulutnya yang kecil agak monyong kedepan. Bentuk jidatnya nonong sedikit, lalu naik hingga sirip punggung. Habitat ikan ini adalah di pantai berbatu-batu. Di Indonesia ikan ini banyak di jumpai terutama di pantai yang masih banyak karangnya, daerah berpasir atau berlumpur. Berpasangan atau dalam kelompok atas karang, memakan invertebrata benthik. Sering digunakan untuk konsumsi manusia.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Drepaneidae
Genus: Drepane
Cuvier, 1831

Morfologi :
Punggung duri (total): 8 – 10, duri punggung lunak (total): 20-22, duri Anal: 3, Sirip dubur lunak: 17 – 19. Umumnya keperakan dengan semburat warna kehijauan di atas. Sirip dada panjang dan runcing. Mirip dengan D. longimana tetapi berbeda dalam memiliki 4-11 titik abu-abu vertikal pada bagian atas sisi, dan umumnya 8 duri punggung (melawan none (bintik-bintik) dan umumnya 9 duri di D. longimana).

Maksimum panjang : 50 cm dan 20 cm panjang standar.

Habitat : muara dan sungai pasang surut Bangladesh. Ditemukan di Sundarbans, Bangladesh. Cukup umum di muara Godavari dari Andhra Pradesh, India.

Distribusi :
Indo-Pasifik Barat: perairan beriklim sedang dan tropis dari India ke utara Australia, New Guinea, Indonesia, Filipina, Taiwan dan Jepang. Di berbagai habitat perairan pantai : pasir atau lumpur dasar, terumbu, muara dan pelabuhan. Ditemukan di dekat terumbu karang dan batuan pada suhu berkisar antara 26 ° sampai 29 ° C. Feed pada invertebrata dan ikan bentik.