Spined Pygmy Shark

Spined pygmy shark (Squaliolus laticaudus) adalah spesies dari hiu dogfish di keluarga Dalatiidae ditemukan secara luas di semua lautan. Dengan panjang maksimal 28cm (11 in), ini adalah salah satu hiu terkecil. Hiu ini memiliki tubuh ramping berbentuk cerutu dengan kerucut moncong yang cukup besar. Hiu pigmi spined berwarna coklat gelap sampai hitam, dengan berbagai cahaya pada organ-organ yang disebut photophores pada permukaan ventral mereka. Hiu ini diyakini menggunakan photophores sesuai dengan kondisi cahaya sekitar dan dengan demikian menyamarkan diri dari predator .

Biasanya mendiami perairan yang kaya nutrisi seperti benua dan lereng, hiu kerdil spined feed memakan ikan dan cumi-cumi. Menghabiskan hari di hampir 500 m (1.600 kaki) didalam laut dan bergerak menuju kedalaman 200 m (660 kaki) di malam hari. Reproduksi diduga aplacental vivipar, dengan kelahiran perempuan lebih banyak.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Chondrichthyes
Subclass: Elasmobranchii
Order: Squaliformes
Family: Dalatiidae
Genus: Squaliolus
Species: S. laticaudus
Binomial name
Squaliolus laticaudus
H. M. Smith and Radcliffe, 1912

Taksonomi dan filogeni

Hiu pygmy spined adalah salah satu spesies baru ditemukan selama Ekspedisi 1907-1910 Filipina dari Komisi Ikan US Steamer Albatross. Hal itu dijelaskan oleh American ichthyologists Hugh McCormick Smith dan Lewis Radcliffe dalam jurnal ilmiah Prosiding Amerika Serikat Museum Nasional tahun 1912, didasarkan pada dua spesimen yang dikumpulkan di Teluk Batangas, selatan Luzon di Filipina. Smith dan Radcliffe menciptakan  genus baru Squaliolus untuk hiu ini, dan memberinya julukan tertentu laticaudus, dari bahasa Latin yang berarti latus “luas” atau “lebar”, dan cauda berarti “ekor”. Hiu pygmy spined juga dapat disebut sebagai hiu-hiu kerdil atau bigeye kurcaci. Berdasarkan kesamaan dalam mereka claspers (laki-laki organ intromittent) relatif terdekat dari hiu pigmi spined dan S. terkait aliae diperkirakan menjadi hiu pigmi (Euprotomicrus bispinatus).

 
Distribusi dan habitat

Hiu pygmy spined memiliki distribusi yang luas di seluruh dunia. Di Samudra Atlantik, di Amerika Serikat, Suriname, selatan Brasil, dan utara Argentina di barat, dan bagian utara Perancis, Madeira, Cape Verde, dan Azores di timur. Di Samudera Hindia, spesies ini hanya tercatat dari Somalia. Di Samudra Pasifik, ditemukan dari selatan Jepang, Taiwan, dan Filipina. Hiu pygmy spined ditemukan pada kedalaman 200-500 m (660-1,600 ft) dan jarang mendekati permukaan, tidak seperti hiu pigmi dan hiu cookiecutter (Isistius brasiliensis). Hiu ini lebih menyukai bidang produktivitas hayati tinggi di atas bagian atas dan lereng benua.
 
Deskripsi

Salah satu hiu terkecil di dunia, hiu pigmi spined mencapai panjang rekaman maksimum 22 cm (8,7 in) untuk pria dan 28 cm (11 in) untuk perempuan. Spesies ini memiliki mata yang besar, dengan tepi atas orbit hampir lurus. Setiap lubang hidung didahului oleh flap kulit singkat. Mulut tipis, bibir halus dan berisi 22-31 baris gigi di rahang atas dan16-21 baris gigi di rahang bawah.  Hiu pigmi spined tidak memiliki nilai komersial, tetapi umumnya terlalu kecil untuk ditangkap. Dalam penelitian  tidak adanya ancaman besar dari aktivitas manusia.