Tarpon

Ikan air payau yang mempunyai tenaga luar biasa saat terpancing adalah ikan tarpon. Di manca negara, banyak pancinger yang tersihir dan terpikat memburu ikan tarpon karena memang sangat eksotik saat terpancing. Bahkan banyak majalah dari luar negeri mengulas ikan tarpon secara terus menerus. Banyak pancinger mengira bahwa ikan tarpoon adalah sama dengan dengan ikan payus atau bandeng laki, padahal kedua ikan ini jelas berbeda.

Ciri sederhana yang mudah diingat adalah ikan tarpoon bersisik besar, tapi kalau payus sisik sama dengan sejenis bandeng, alias kecil-kecil. Tarpon/bulan-bulan hampir mirip dengan bandeng hanya bola matanya lebih besar. Tarpon, yang didaerah kita disebut dengan nama bulan-bulan atau disebut juga megalops berahang lebar, dengan surai di sirip punggungnya. Sedangkan payus atau disebut juga bandeng laki nama kerennya ladyfish, bentuk badan lonjong panjang. Memang keduanya masuk jenis bandeng, tapi beda dengan bandeng yang biasa kita ketahui (channos channos) yang biasa dibudidayakan ditambak-tambak. Tarpon (megalops cyprinoides) hidup di air payau, bahkan predator raksasa di pesisir.

Tarpon, Si Rahang besar ini mempunyai Ciri khas yang unik yaitu memiliki rahang yang besar, sehingga dia bisa memangsa makannya sekali sergap. Nama popular ikan ini adalah Indo-Pasific Tarpon dengan nama ilmiah megalops cyprinoides, yang masih satu keluarga dengan megalopidae. Di negara kita ikan ini memiliki Nama local dan daerah seperti : bandeng laut, bandeng Bulan, bulan-bulan, bale hebo, dan cupang.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Elopiformes
Family: Megalopidae
Genus: Megalops

Habitat aslinya bisa hidup di laut maupun air tawar, namun banyak dijumpai di air payau. Ikan ini paling suka hidup dimuara sungai, pantai dan hutan-hutan bakau. Laguna, setu atau danau. Ikan tarpon bisa mencapai panjang maksimal 150 cm, dengan berat maksimal 18kg. Ikan ini juga bisa menyelam di kedalaman 50 m dan menurut penelitian umurnya bisa mencapai 44 tahun. Ikan ini suka berkelompok/bergerombol untuk mencari makan ikan-ikan kecil dan krustacea.

Ikan ini paling banyak hidup di daerah tropic dengan suhu air berkisar 22°C – 24°C. Penyebaran ikan tarpon mulai dari Indo-Pacific : Red Sea and Natal, South Africa to the Society Islands, north to southern Korea, south to the Arafura Sea and New South Wales. Restricted to high islands (Palau, Caroline and Mariana islands) in Micronesia. South China Sea, Taiwan Strait, and East China Sea.

Mancing Tarpoon Para pancinger penggila mancing tarpoon. paling senang mancing ikan tarpoon dengan berbagai tehnik yaitu dasaran, palampung/ gantung, ngoncer, casting. Dan fly fishing. Dari masing-masing tehnik mancing memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Umpan yang biasa digunakan sederhana yaitu dengan udang api, ikan kecil-kecil dan lure ( spoon, minipopper, minnow, spinner, softplastic)

Tarpon banyak di temui di sekitar pantai Amerika Serikat sedangkan bulan2 bisa di temui di sekitar pantai selatan Bali. Penanganan bulan-bulan dapat di letakkan pada air tawar dengan pemberian kadar garam 30L/sendok teh sebagai pembantu dalam metabolisme (seperti ikan payau lainnya). Ikan Bulan2 banyak di jual di sekitar kios jakarta jl. kartini, jl. sumenep dll dan di pamerkan di museum aquarium air tawar Taman Mini Indonesia Indah. Ukuran 150-220cm adalah raksasa? tenang. Arapaima gigas yang dapat tumbuh hingga 400cm saja banyak di jual apalagi ikan keluarga megalops ini. (berbagai sumber)