Tenggiri

Ikan tenggiri adalah ikan dari suku Scombridae yang ditemukan di lautan tropis dan subtropis. Karena kecepatan dan kualitas dagingnya yang tinggi membuat ikan ini dijadikan hadiah permainan memancing. Di Hawaii, ikan ini dikenal sebagai ono, sedangkan di Karibia dan Amerika Tengah ikan ini dipanggil peto. Dihargai sebagai salah satu yang terbaik dalam olah raga mancing. Menyambar umpan dengan ganas dan mempertontonkan kegigihan yang dipadukan dengan kecekatan dan kecepatan yang mengagumkan.

Klasifikasi ilmiah
Nama Lain : Narrow Barred Mackerel, Spaniards, Tanguigue
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Scombridae
Genus: Scomberomorus

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di Propinsi Riau dari hasil utama bagi para nelayan. Secara fisik ikan tenggiri mempunyai dua jenis daging yaitu daging merah (gelap) dan daging putih (terang), sedangkan secara kimia daging merah banyak mengandung lemak, glikogen dan vitamin dan untuk daging putih banyak terdapat protein.

Ikan tenggiri tergolong kedalam famili Scombridae yang mempunyai bentuk memanjang, daging kulit yang licin, tidak bersisik kecuali sisik-sisk pada gurat sisi yang kecil-kecil, sirip pungung ada dua, letaknya berdekatan sekali dengan yang didepan disokong oleh jari-jari keras yang lemah sebanyak 16-17 buah, yang belakang disokong oleh 3-4 jari-jari keras dan 13-14 jari-jari lunak. Sirip dubur sama besar nya dengan sirip punggung yang belakang, dan disebelah belakangnya terdapat sirip-sirip tambahan sebanyak 9-10 buah, sama seperti pada sirip punggung. Sirip ekor cagak dua berlekuk dalam dengan kedua ujung sirip-siripnya yang panjang. Berat ikan ini biasanya 5-15 Kg, tetapi ada juga yang bisa melebihi 60 Kg.

Tubuhnya tertutupi oleh sisik kecil dan tipis, punggungnya berwarna hijau-kebiruan, sisik berwarna perak, dengan pola garis-garis berwarna biru gelap, warnanya akan semakin pudar ketika mati. Ikan ini bermulut besar, dan taring di bagian bawah dan atas mulutnya terlihat lebih tajam daripada taring ikan mackerel Spanyol. Tengiri adalah ikan yang menghuni perairan tropika dan subtropika Indo-Pasifik.

Ikan ini termasuk ikan perenang tercepat dan juga termasuk ikan buas, predator dan karnivora. Penyebarannya terdapat di laut Merah, dekat pantai Timur Afrika, Laut-laut India, Malaysia, Indonesia dan sekitarnya. Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam margaScomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Tenggiri banyak disukai orang, Dipasar selain dijual segar banyak juga yang diasinkan dan dipindang bahkan ada yang dibuat empek-empek, otak-otak dan kerupuk karena dagingnya yang begitu halus dan gurih. Berbagai cara memasaknya pun sudah banyak. Dan juga sangat cocok sekali jika ikan ini diolah menjadi steak,  siomay, dan lain-lain. Pasalnya ikan ini tidak memiliki banyak duri. (berbagai sumber)

.

1 Response

  1. barracuda says:

    Buat yang sering mancing tenggiri mohon di tambahkan cara-cara memasang kailnya supaya menambah wawasan.
    thanx