Tire Track Eel

Tire Track Eel (Mastacembelus armatus) merupakan kelompok belut bertulang (Bersirip tulang) yang asli ditemukan di India, Thailand, Indonesia, Pakistan, Vietnam dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Jenis belut ini banyak tersedia sebagai ikan hias di para hobbies. Selain sebagai ikan hias, ikan ini juga terkenal sebagai ikan konsumsi di negara asalnya. Tire track eel mempunyai banyak nama lain seperti Zig zag eel, Spiny eel, White spotted eel dan Leopard eel. Tetapi seperti belut air tawar lainnya, tire track eel bukannlah belut sejati. Mereka sebenarnya ikan air tawar yang mempunyai tubuh memanjang dan penampilannya sangat mirip dengan belut sejati.

Tire track eel tidak mempunyai sirip panggul, tubuh yang panjang dan sirip punggung yang penuh dengan tulang. Panjang ikan ini dapat mencapai sekitar 91 cm di habitat aslinya, namun biasanya panjang ikan hanya 51 cm jika dipelihara. Sirip anal dan punggunya memanjang sampai ke pangkal ekor. Punggung berwarna cokelat gelap sedangkan kepala cenderung cokelat keperakan. Tubuh ikan ini berwarna cokelat pudar dan lebih terang pada perutnya. Pada tubuhnya juga mempunyai pola jaring yang berwarna cokelat tua. Selain itu, tubuhnya juga mempunyai satu sampai tiga garis lungotudinal zig zag yang lebih gelap, yang terhubung membentuk pola yang lebih jelas.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Synbranchiformes
Family: Mastacembelidae
Genus: Mastacembelus
Species: M. armatus
Binomial name
Mastacembelus armatus
(Lacepède, 1800)

Tire track eel merupakan ikan nocturnal dan dapat hidup baik di berbagai habitat seperti sungai dataran tinggi, dataran rendah, rawa dan sungai-sungai berbatu, pasir ataupun penuh tanaman. Perawatan di aquarium membutuhkan ruangan yang cukup luas sekitar 570 liter atau lebih. Beberapa batu dan banyak tanaman dibutuhkan dalam tangki untuk bersembunyi, beberapa hobbies sukses menggunakan potongan pipa plastik yang fleksibel sebagai tempat persembunyian ikan.

Tire track eel cenderung bersifat karnivora. Di alam bebas, ikan ini memakan crustacea, berbagai macam cacing dan ikan kecil. Di tangki, ikan ini dapat diberi makanan seperti cacing darah beku, cacing glass, krill dan daphnia. Cacing tanah hidup adalah makanan yang paling disukai. Ikan yang lebih kecil tidak cocok sebagai tankmates Tire track eel karena ikan tersebut akan dimakannya. Tankmates yang sesuai adalah seperti cichlid yang minimal seukuran dan ikan besar lain yang sedang tumbuh. Mencampur ikan ini dengan ikan sejenis sangat tidak direkomendasikan karena ikan ini menjadi agresif bila dicampur dengan ikan lain dalam satu family.

Tire track eel jantan dan betina hanya dapat dibedakan saat dewasa. Ikan betina mempunyai tubuh yang lebih gemuk dibanding jantan. Walaupun mereka mempunyai kesuburan tinggi di alam bebas namun informasi keberhasilan breeding di tangki belum pernah dilaporkan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh ikan yang tidak bisa dikumpulkan dalam kelompok dimana jantan dan betina bertemu. Walaupun belum diketahui apa yang bisa membuat mereka bertelur, namun dengan mengemulasi musim hujan pada tangki, kemungkinan akan memicu perilaku breeding ikan. Telur akan terkumpul pada tanaman yang mengambang. Telur bersifat lengekt dan akan menetas setelah 3-4 hari. Anakan ikan akan bisa berenang setelah beberapa hari dan mereka dapat diberi makanan Nauplii. Tire track eel (Mastacembelus armatus) sangat mirip dengan ikan Mastacembelus vavus). Yang membedakan adalah ukuran Mastacembelus lebih kecil yaitu sekitar 28 inchi. (zonaikan)