Vampire fish

Ikan Payara (Hydrolycus scomberoides) yang dikenal juga dengan “Dog Tooth Characin” atau juga Vampire fish merupakan ikan asli dari Sungai Orinoco dan Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini dikenal dengan vampire fish karena memiliki gigi taring yang panjang dan menonjol keluar yang berasal dari rahang bawahnya.

Gigi taring ini bisa mencapai panjang maksimum sekitar 4 sampai 6 inci, sedangkan ukuran tubuh Payara dewasa dapat mencapai 117 cm dan berat tubuh 17,8 kg. Gigi taring ikan ini sangat besar, dan untuk membantu mereka menutup mulut tersedia dua lubang di bagian atas kepalanya. Payara memiliki tubuh berwarna keperakan dengan sirip yang transparan dan terkadang sirip memiliki pinggiran berwarna hitam, warna hitam inilah yang membedakan payara dari ikan genus Hydrolycus yang lain selain ukurannya yang lebih besar.

Payara merupakan predator agresif yang dapat berenang cepat dan memangsa ikan apapun yang berukuran lebih kecil dengan mulutnya yang cukup lebar, sehingga pemeliharaan di aquarium disarankan dipelihara dengan ikan yang berukuran lebih besar. Jika memelihara ikan ini di aquarium, disarankan memberi makan ikan hidup yang berkualitas gizi baik, ikan mas dan guppy diketahui tidak memberi asupan gizi yang baik bagi payara.

Payara yang juga dikenal dengan nama Sabretooth tetra ini merupakan ikan tropis dengan habitat asli perairan berarus deras, hidup pada suhu 24–28°C dan pH 6–8. Di aquarium, ikan ini membutuhkan sistem oksigenasi yang sangat baik dan sistem pergantian air dianjurkan 30–40% tiap minggu. Teknik breeding sampai saat ini belum pernah dilaporkan di aquarium, begitupun untuk membedakan kelamin jantan dan betina yang masih sulit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ikan ini akan bermigrasi saat akan bertelur.

Payara juga disukai para pemancing. Ikan ini dikenal dengan fightnya yang mengesankan mempunyai daya juang tinggi. Selain itu ikan ini juga bisa melompat ketika berusaha melepaskan mata kail. Biasanya untuk menagkap ikan ini digunakan teknik cast dengan spon/jig, pastikan juga anda mempunyai banyak persediann tali/neklin karena ikan ini bergigi tajam.