Venustus Hap

Venustus Hap atau Girrafe Hap (Nimbochromis venustus) ialah golongan Haplochromine Cichlid dan merupakan ikan asli Danau Malawi di Afrika. Ikan ini berwarna kuning dengan pola noda coklat menyerupai jerapah. Jantan umumnya memiliki kepala berwarna biru dengan spot kuning di kepala dan sirip punggung, sedangkan betina umumnya kurang berwarna atau cenderung keperakan dengan pola noda gelap.

TAKSONOMI

Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Actinopterygii
Order
Perciformes
Family
Cichlidae
genus
Nimbochromis
Species
Nimbochromis venustus

Habitat

Venustus Hap hidup pada area berpasir pada danau dengan kedalaman 15 meter, dan dapat tumbuh besar yakni sekitar 20 – 30 cm.  Kondisi air yang cocok untuk ikan ini ialah air dengan pH 7,6 – 8,8 dan suhu 24-28°C.

Venustus Hap merupakan ikan predator yang cenderung melakukan teknik penyerangan terhadap mangsa, dia suka bersembunyi di pasir dang menggunakan pola tubuhnya untuk kamoflase. Teknik adaptasi berburu yang dilakukan Venustus Hap ialah thanatosis atau “permainan mati” yaitu berburu dengan sedikit bergerak atau hanya diam menunggu mangsa. Sebagai predator di daerah berpasir, Venustus Hap merupakan ikan yang cepat, kuat dan sangat pintar, suatu sifat yang ditemukan di semua jenisnya dalam genus Nimbochromis. Oleh penduduk lokal, ikan ini diberinama “kaligono” yang berarti tukang tidur, nama ini disesuikan dengan perilakunya.

Reproduksi

Venustus Hap pejantan akan berwarna menyolok saat siap bereproduksi, sama seperti cichlid lainnya betina akan menaruh telur mereka di bebatuan dan mengijinkan pejantan untuk membuahinya. Telur yang sudah dibuahi akan dibawa oleh induk betina dengan menaruhnya di dalam mulutnya. Telur yang dibawa bisa mencapai 120 buah dan akan berada di dalam mulut induk selama 3 minggu sebelum dilepaskan anak–anak ikan untuk bebas berenang. Betina tidak akan makan selama periode mengerami ini, dan akan memuntahkan telurnya saat dia merasa terancam. Anak ikan memiliki mulut yang cukup besar untuk diberi makan udang dan lainnya.

Perawatan Venustus didalam aquarium umumnya sangat mudah untuk dilakukan, selama kita menyadari mereka mempunyai sifat predator dan membutuhan banyak ruang. Mereka tidak membutuhkan kualitas air yang sangat baik dibandingkan dengan kebanyakan ikan lainnya, tapi mereka perlu diberi makan dengan benar. Sebuah tempat berpasir akan membuat mereka merasa nyaman, sediakan juga beberapa tempat bersembunyi dengan struktur batu dan kayu.