Weedy Scorpionfish

Weedy scorpionfish adalah ikan yang relatif tidak aktif, sebagian besar spesies dapat dipelihara dalam akuarium kecil bersama ikan sama besar lainnya. Para akuaris  biasanya mengtur tank khusus untuk spesies ini. Beberapa ikan tidak akan pernah menerima apapun tapi makanan hidup, biasanya spesimen ini diberi guppies yang dikemas khusus, Mollies, atau udang. Seperti halnya lionfish, perawatan dan panganan ikan ini harus dilakukan dengan hati – hati, karena mereka juga berbisa.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Scorpaeniformes
Family: Scorpaenidae
Subfamily: Scorpaeninae
Genus: Rhinopias
Species: R. frondosa
Binomial name
Rhinopias frondosa
(Günther, 1892)

Weedy Scorpionfish memiliki tubuh sangat padat, bisa mencapai panjang maksimal 23 cm, dan dapat bervariasi dalam warna serta pelengkap tergantung pada lingkungannya. Spesimen yang ditemukan di berbatu, perairan yang kaya ganggang tercakup dalam gulma-seperti pelengkap, sedangkan spesimen ditemukan di perairan soft-bottomed lebih dalam dengan karang lunak dan spons memiliki lebih sedikit pelengkap. Warna seperti merah dan ungu menjadi kuning dan lavender.

Seperti kebanyakan Scorpaenidae, Weedy scorpionfish merupakan hewan nokturnal, mereka berkamuflase untuk memangsa ikan lainya, agar tidak curiga. Mereka jarang berenang, melainkan bergerak sepanjang waktu dengan bagian bawah mendorong diri dengan siripnya.

Weedy Scorpionfish tidak memiliki nilai komersial untuk perikanan, tetapi memiliki harga tinggi dalam perdagangan hewan akuarium. Meskipun mereka dapat ditemukan di Amerika Serikat dan Eropa, mereka sebagian besar ekspor ke Jepang di mana mereka mempunyai  harga yang sangat tinggi. Mereka  sangat dicari oleh aquarists yang mengumpulkan spesies langka dan tidak biasa.