Wrestling Halfbeaks

Wrestling Halfbeaks juga dikenal sebagai Malayan Halfbeak adalah anggota dari keluarga halfbeak (Hemiramphidae) ditemukan di perairan air tawar di Asia Tenggara, di Singapura, Thailand, Indonesia, Thailand, Malaysia, Kalimantan dan Sumatera. Ini adalah Ikan dengan ukuran kecil, ramping, ikan livebearing, dengan karakteristik rahang bawah memanjang dari keluarganya. Warna spesies ini bervariasi, tergantung di mana spesimen ditemukan.

Panjang maksimalnya 7 cm untuk yang betina sedangkan yang jantan lebih kecil. Tubuhnya ramping dan memanjang dengan rahang bawah yang lebih panjang. Mirip dengan ikan julung-julung karena memang masih satu famili, namun bedanya ikan ini hidup di air tawar sedangkan ikan julung-julung hidup di laut.

Untuk memelihara ikan ini butuh kehati-hatian karena ikan ini adalah ikan yang mudah gugup dan mudah terkejut. Jika tidak hati-hati maka ikan ini dapat melompat keluar dari akuarium atau bahkan dapat melukai dirinya sendiri. Akuarium lebih baik berukuran lebih panjang. Bisa pula diberi tanaman air asal beberapa tanaman di tepi akuarium tingginya mencapai permukaan air.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Beloniformes
Family: Hemiramphidae
Genus: Dermogenys
Species: D. pusilla
Binomial name
Dermogenys pusilla
Kuhl & van Hasselt, 1823

Tambahkan pula tanaman air mengambang agar mirip dengan habitat aslinya serta agar ikan ini nyaman berada di akuarium. Kondisi air : pH 7,0-8,0 temperatur 21-30 °C. Pakan yang dapat diberikan berupa cacing, krustasea, terutama serangga. Meskipun termasuk ikan karnivora ikan ini dapat dipelihara dengan ikan lain karena berkarakter ikan yang pendamai. Selain itu, ikan ini juga dianggap sebagai ikan komunitas yang baik.